DPK FK-KMK UGM. Departemen pendidikan Kedokteran dan Bioetika, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM kembali menggelar Pelatihan Metode Pembelajaran Aktif pada 19-20 Juni 2019 yang diikuti oleh sekitar 12 orang tenaga pendidik bidang kedokteran dan ilmu kesehatan di Indonesia, antara lain dari FK Unika Widya Mandala Surabaya, FKG Universitas Maharsaraswati, FK UKDW, RS Immanuel, FK Universitas Andalas dan FK Unika Soegijapranata.

Bertempat di Ruang Studio, Gd. Radioputro Lt. 6 FK-KMK UGM, pelatihan dibuka langsung oleh dr. Siti Rokhmah Projosasmito, M.Ed.,(L.P&C) selaku koordinator pelatihan dan juga memperkenalkan 2 orang narasumber lain terkait konten materi yang berbeda, yaitu dr. Savitri Shitarukmi, MHPE dan dr. Noviarina Kurniawati, MHPE.

“Peserta pelatihan akan mempelajari setidaknya ada lima metode pembelajaran aktif, merancang desain instruksional untuk pembelajaran aktif, membuat lesson plan untuk kuliah interaktif, hingga merancang learning resource sederhana untuk pembelajaran aktif selama 2 hari ini,”ujar Siti Rokhmah, Selasa (19/6). Tak ketinggalan, ia juga menekankan pentingnya penguasaan teknologi bagi dosen agar mengikuti tren kemajuan zaman.

Selain itu dokter Siti Rokhmah menyebutkan jika pembelajaran aktif dengan format kelompok kecil (small group) lebih direkomendasikan agar dosen lebih mampu mengenali kondisi mahasiswa. “kami ingin membuat mahasiswa aktif dalam pembelajarannya, tidak hanya menunggu,’ harapnya. Diharapkan pada kesempatan berikut akan diadakan uji coba Pelatihan Metode Pembelajaran Aktif yang bisa diikuti secara online / full e-course (Alfi/Reporter; Evi/editor).

Please follow and like us:
error