VISI & MISI

10 Desember 2015 | Oleh : Admin UGM INDO

VISI

Pada tahun 2020 menjadi program studi S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan yang unggul di Asia dalam rangka mendukung tercapainya peningkatan derajat kesehatan masyarakat melalui proses yang rasional, efisien, terintegrasi, berkesinambungan dengan menerapkan prinsip tata kelola yang baik, didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dan melakukan patrap triloka yang mencakup menjadi teladan, fasilitator-innovator dan mentor.

 

MISI

1. Meningkatkan mutu pendidikan tinggi kedokteran dan kesehatan di berbagai jenjang yang berlandaskan bukti ilmiah   

    terkini dan kearifan lokal.

2. Meningkatkan penelitian, publikasi nasional-internasional dan hak cipta dalam bidang pendidikan tinggi kedokteran dan

    kesehatan.

3. Menyediakan pengabdian dan pelayanan professional dalam bidang pendidikan kedokteran dan kesehatan untuk 

    kepentingan masyarakat.

4. Mengembangkan dan memperkuat manajemen yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik serta

    meningkatkan kesejahteraan segenap sivitas akademika yang bercirikan profesionalitas.

5. Mengembangkan kerjasama di bidang pascasarjana pendidikan kedokteran dan kesehatan di tingkat nasional, regional

    dan internasional.

 

 

Rencana Strategik S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran 2012-2017

Untuk mewujudkan visi dan misi S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran, maka disusun rencana strategik berikut ini:

Visi Rancana Strategis Tahun target capaian Bukti Pemenuhan Targat Capaian
1. Meningkatkan mutu pendidikan tinggi kedokteran dan kesehatan di berbagai jenjang yang berlandaskan bukti ilmiah terkini dan kearifan lokal

1.1 Melakukan evaluasi penelitian pendidikan kedokteran yang relevan dengan peta jalan penelitian pendidikan kedokteran di Indonesia (DIKTI, 2015)

 

 

1.2 Melakukan bentuk-bentuk kepemimpinan publik di bidang pendidikan kedokteran untuk mewujudkan transformasi agen agen perubahan di bidang pendidikan kedokteran

2014

 

 

 

 

 

2015

Hasil penelitian pendidikan kedokteran Narrative Review – Area Interes Penelitian Bidang Pendidikan Kedokteran – FK UGM-AIPKI-HPEQ 2014

 

Kepemimpinan Publik di bidang:

1.2.1 Pendidikan Kedokteran: dr. Titi Savitri, Anggota WFME, SEARAME, AUN QA, BSPN (SK Mendikbudristek)

1.2.2 Pendidikan Lanjut Dokter Layanan Primer: dr. Mora Claramita, Anggota Pokjanas Pengembangan Pendidikan Dokter Layanan Primer 9SKB Menkes dan Mendikbudristek)

1.2.3 Pendidikan berbasis Tempat Kerja: dr. Ova Emilia, Pengembang Community-Family Health Care Program di FK UGM, Pengembang Work-place based learning pendidikan klinik nasional, dr. Yoyo Suhoyo anggota Panitia Uji Kompetensi Dokter Indonesia (SK Mendikbudristek)

1.2.4 Pendidikan Keterampilan Medik: dr. Widyandana, Ketua ISLAND (ikatan pengampu Laboratirum Keterampilan Medik Indonesia) – SK Ketua AIPKI

1.2.5 Evaluasi hasil Pendidikan Kedokteran: dr. Gandes Retno Rahayu, Anggota Panitia Uji Kompetensi Dokter Indonesia (SK Mendikbudristek)

 2. Meningkatkan penelitian, publikasi nasional-internasional dan hak cipta dalam bidang pendidikan tinggi kedokteran dan kesehatan  

2.1 Melakukan evaluasi kurikulum dari yang berbasis kepada tugas-tugas menjadi berbasis penelitian ilmiah terkini bidang pendidikan kedokteran dengan muatan penelitian mendapatkan porsi yang optimal

2.2 Meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah baik dosen maupun dosen dengan mahasiswa
 

2013

 

 

 

 

 

2015
 

Rakor S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran 2013 sepakat perubahan kurikulum kea rah pendidikan berbasis riset – keluaran: Kurikulum S2 IPK 2014

 

 

 

Jumlah publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa meningkat (www.googlescholar.com )

 3. Menyediakan pengabdian dan pelayanan professional dalam bidang pendidikan kedokteran dan kesehatan untuk kepentingan masyarakat  

3.1 Melakukan serial pelatihan di bidang ilmu pendidikan kedokteran sepanjang tahun 2012-2017

3.2 Melakukan In House Training, Technical Assistance, sesuai permintaan dari masing-masing institusi pendidikan kedokteran

 

2012-2015

 

 

2012-2015

 

Jumlah serial pelatihan dan jumlah peserta dari seluruh Indonesia 2012-2015

 

Jumlah serial IHT dan TA dan jumlah peserta dari seluruh Indonesia 2012-2015
 4. Mengembangkan dan memperkuat manajemen yang mandiri dan mempunyai tata kelola yang baik serta meningkatkan kesejahteraan segenap sivitas akademika yang bercirikan profesionalitas

 4.1 Meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi ilmiah

4.2 Meningkatkan jumlah pelatihan dan training

 

 

 

 

4.3 Meningkatkan sistem tata kelola administrasi dan keuangan sesuai pemerintah dan Universitas Gadjah Mada (SIMAKUN-keuangan, SIMABEKA-keuangan, SIMKEU-keuangan, SIMASET-aset, SIMASTER-semester, HRIS-SDM, PRSIMA-penelitian, GAMEL-Gadjah Mada e-Learning)

 2012-2015

 

2012-2015

 

 

 

 

 

2012-2015

 

 

 

 

 

 Peningkatan jumlah publikasi ilmiah internasional disertai penghargaan internasional awards and grants untuk penelitian dan publikasi ilmiah. www.googleschoolar.com

Peningkatan jumlah pelatihan dan training (termasuk In House Training, Narasumber/Konsultasi) sepanjang tahun yang diikuti lebih dari 300 peserta dari seluruh Indonesia per tahun dan kerjasama dengan berbagai stakeholders :

1. Peningkatan kesejahteraan staf pendidikan dengan pemasukan sebesar kurang lebih Rp 500 juta per tahun

2. Kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di seluruh Indonesia (120 institusi per tahun)

Sistem Tata Kelola Administrasi dan Keuangan yang berbasis pemerintahan dan Universitas Gadjah Mada telah terlaksana secara kontinyu dan berkelanjutan. Bagian Ilmu Pendidikan Kedokteran mendapat penghargaan berupa dua kali Bagian dengan Kinerja Terbaik 2012 dan 2013. Serta Prodi S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran dengan Kinerja Keuangan Terbaik 2015.

 

 

5. Mengembangkan kerjasama di bidang pascasarjana pendidikan kedokteran dan kesehatan di tingkat nasional, regional dan internasional

 

5.1 Kerjasama interasional dengan FAIMER Institute Philadelphia, US untuk mengembangkan program sertifikasi pendidik kedokteran di wilayah asia pasifik

 

 

 

5.2Kerjasama internasional dengan LINQED-jejaring Pendidikan Kedokteran Tropis

 

5.3 Kerjasama dengan AMEE-Association of Medical Education Europe

5.4 Kerjasa dengan World Federation in Medical Education (WFME)

5.5 Kerjasama dengan AUN QA - jaminan mutu regional ASEAN

5.6 Kerjasama dengan Pusat Pendidikan Dokter Layanan Primer University of Iowa, USA

5.7 Kerjasama dengan Badan Standarisasi Pendidikan Nasional (BSPN)

5.8Kerjasama nasional dengan berbagai institusi pemerintah dan swasta di bidang pengembangan ilmu pendidikan kedokteran dan tenaga kesehatan

 

2013-2017

 

 

 

 

2012-2017

 

 

 

 

 2012-2017

 

2015-2017

 

 2015-2017

 

2012-2017

 

 2015-2017

 

 

 
  • Jumlah peserta FAIMER Institute adalah 4 orang dari S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran FK UGM
  • Proposal pembentukan FAIMER Regional Indonesia dan diskusi intensif via skype call dengan FAIMER Institute Philadelphia

 

Satu orang anggota Tim Inti LINQED-Internasional. Beberapa staf merupakan peserta dan narasumber untuk seminar internasional yang diselenggarakan LINQED

satu staf sebagai AMEE Ambassador

 

satu staf sebagai steering committee WFME

 

satu staf sebagai anggota AUN QA

1. Visiting Professores dari UIowa selama 2012-2015 untuk peningkatan kualitas pendidikan dokter layanan primer

2. Satu Fulbright Senior Scholar dari staf Prodi S2 IP FK UGM belajar tentang pendidikan spesialis Family Medicine 2013

satu staf sebagai anggota BSPN

 

1. Kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan pemerintah dan swasta di Indonesia (120 institusi per tahun)

2. Kerjasama Peningkatan Kompetensi Dokter Layanan Primer dengan Pemda DKI dan Pemda DIY diikuti lebih dari 300 dokter-dokter puskesmas (Weekly Clinical Update on Primary Care-WCU)

3. Kerjasama dengan Kemenkes dan Kemenristek Dikti untuk peningkatan Kompetensi Dokter Layanan Primer di Indonesia setara dengan KKNI 8 - satu staf sebagai anggota Pokjanasional Pengembangan Dokter Layanan Primer Indonesia

 6. Rencana Tindak Lanjut

Upaya peningkatan kualitas S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran sampai dengan 2017 :

1. Menjadi FAIMER Regional Indonesia-pusat sertifikasi Pendidikan Kedokteran dan Tenaga Kesehatan di Asia Pasifik

2. Berkontribusi langsung pada Standarisasi Pendidikan Nasional Indonesia melalui keanggotaan BSPN

3. Berkontribusi langsung pada peningkatan kualitas pendidikan tropis melalui keanggotaan LINQED

4. Berkontribusi langsung pada terwujudkan Pendidikan Spesialis Dokter Layanan Primer Indonesia melalui keanggotaan WFME dan Pokja Nasional SKB Menkes dan Menristek 2015

5. Berkontribusi langsung pada peningkatan kualitas pendidikan kedokteran dan tenaga kesehatan melalui kepemimpinan nasional di bidang pendidikan kedokteran dan tenaga kesehatan di berbagai pelatihan-pelatihan dan training

6. Berkontribusi langsung pada peningkatan jumlah Health Professions Education Units di institusi-institusi pendidikan kedokteran dan tenaga kesehatan di Indonesia melalui berbagai kerjasama nasional

7. Berkontribusi langsung terhadap peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan di Indonesia melalui penelitian dan publikasi ilmiah berskala nasional dan internasional

8. Berpartisipasi terhadap peningkatan kualitas pendidikan kedokteran di dunia melalui keanggotaan AMEE Ambassador