Reportase: Pelatihan Manajemen Laboratorium Keterampilan Medik FK UNIKA Soegijapranata Semarang

DPKB FK-KMK UGM. Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika bekerja sama dengan Departemen Anatomi dan Anestesiologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) UGM pada Selasa dan Rabu (9/7 dan 10/7) 2019 menyelenggarakan pelatihan kelas khusus untuk staf FK UNIKA Soegijapranata Semarang bertajuk “Manajemen Laboratorium Keterampilan Medik” di Ruang Studio Gd. Radioputro Lt. 6 FK-KMK UGM. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh sekitar 29 orang peserta yang terdiri dari Kaprodi, dokter klinik, petugas laboran dan administrasi laboratorium  FK tersebut.

Mengawali kegiatan selama 2 hari, Sekretaris Program Studi S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan, dr. Rachmadya Nur Hidayah, MSc.,Ph.D membuka jalannya acara dengan menyampaikan sambutan singkat dan profil narasumber utama dr. Santosa Budiharjo, Sp.PA selaku Kepala Skillslab FK-KMK UGM. “Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta pelatihan dari FK Soegijapranata Semarang dan sangat mendukung pelaksanaan pelatihan kelas khusus ini, terutama bagi fakultas kedokteran baru, dengan harapan ilmu yang didapatkan dapat dipakai dan diimplementasikan untuk perkembangan institusi kedepan.” tuturnya.

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan apa yang ingin diketahui oleh FK UNIKA Soegijapranata melalui brainstrorming di awal pertemuan, dapat terpenuhi, antara lain tentang pengelolaan laboratorium keterampilan klinik, peran masing-masing komponen struktural di skillslab, pembuatan skenario pembelajaran, proses evaluasi mahasiswa. Rachmadya menambahkan, adapun untuk mempelajari sistem OSCE dan desain OSCE diperlukan pelatihan lanjut secara lebih detail di luar kegiatan pelatihan 2 hari tersebut.

Kegiatan pelatihan selama 2 hari tersebut meliputi kuliah interaktif, diskusi dan kerja kelompok, kunjungan ke skillslab, laboratorium anatomi, serta umpan balik & refleksi pembelajaran (Evi/reporter).

Please follow and like us:
error

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.