Peran Aktif yang Membuahkan Prestasi

Keikutsertaan Dosen Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika FK-KMK UGM pada Konferensi TUFH 2019 di Darwin, Australia

Konferensi Toward Unity for Health (TUFH) 2019 telah diadakan di Darwin, Australia pada tanggal 10-13 September 2019. Dalam konferensi internasional yang bertajuk Social accountability: for evidence to action ini, Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika (DPKB) FK-KMK UGM diwakili oleh 3 orang dosen, yakni Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD; dr. Widyandana, MHPE, PhD, SpM; dan dr. Prattama Santoso Utomo, MHPEd. Ketiganya merupakan perwakilan dari DPKB yang diundang bersama-sama dengan 9 delegasi lain dari FK-KMK UGM.

Gambar 1.  Delegasi Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika bersama dengan tim FK-KMK UGM lain dalam Konferensi TUFH 2019 di Darwin, Australia

Seluruh delegasi dari FK-KMK UGM turut berpartisipasi aktif dalam ajang konferensi internasional yang telah berlangsung selama 40 tahun ini,  antara lain sebagai South-East Asian Representative, Prof. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD terpilih menjadi co-chair dalam regional meeting. dr. Widyandana, MHPE., PhD., SpM dan dr. Prattama Santoso Utomo, MHPEd juga mempresentasikan hasil penelitiannya dalam bentuk Oral & Poster Presentation.

Gambar 2. Dosen DPKB FK-KMK UGM mempresentasikan hasil penelitian terkait pengabdian masyarakat dalam Konferensi TUFH 2019 (kiri ke kanan: dr. Widyandana, MHPE, PhD, SpM – dr. Prattama Santoso Utomo, MHPEd)

Beberapa prestasi pun diraih oleh para delegasi, diantaranya dr. Widyandana meraih Juara III Best Overall Poster. Pada kesempatan tersebut, UGM disetujui untuk menjadi tuan rumah/host pada TUFH Conference 2021 mendatang. Usaha untuk menjadi tuan rumah pada Konferensi TUFH 2021 diawali dengan komunikasi yang intens dengan Executive Director The Network: TUFH, Nick Torres, oleh Prof. dr. Ova Emilia, MMedEd, PhD, SpOG(K) (Dekan FK KMK UGM) dan Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD (Wakil Dekan Akademik dan Kemahasiswaan), saat berkunjung ke Philadelphila, USA pada Januari 2019. Pada kesempatan tersebut sempat didiskusikan antara UGM dengan TUFH mengenai langkah-langkah persiapan pelaksanaan TUFH Conference 2021.

 

Gambar 3. Prof. dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD dalam TUFH Advisory and Director Board Meeting (atas) dan pertemuan koordinasi persiapan TUFH 2021 Indonesia (bawah)

Penulis

Prattama Santoso Utomo, MHPEd

Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan

Universitas Gadjah Mada

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.