Abstract
Latar Belakang: Terdapat beberapa penelitian dibidang pendidikan kedokteran khususnya yang membahas tentang instruktur keterampilan klinik, strategi para instruktur keterampilan klinik serta kriteria dalam mengajar secara efektif di laboratorium keterampilan klinik. Namun hingga kini belum terdapat suatu alat (instrumen) yang secara khusus mengevaluasi performa mengajar para instruktur keterampilan klinik dalam memfasilitasi pembelajaran keterampilan klinik di skills lab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu alat (instrumen) untuk mengevaluasi performa mengajar instruktur keterampilan klinik tersebut.
Metode: Penelitian ini menggunakan mixed method design. Langkah pertama adalah penyusunan instrumen yang dibuat berdasarkan literatur terkini. Instrumen yang dihasilkan diberikan kepada mahasiswa untuk mengevaluasi secara kuantitatif performa mengajar instruktur
skills lab pada skills tertentu. Selanjutnya dilakukan focus grup discussion (FGD) kepada para mahasiswa tersebut untuk menilai performa mengajar instruktur skills lab secara kualitatif. Hasil dari kedua pendekatan tersebut dibandingkan.
Hasil: Sebanyak 255 mahasiswa kedokteran tingkat pertama berpartisipasi dalam penelitian ini (responrate:91%). Terdapat perbedaan penilaian mahasiswa terhadap performa mengajar para instuktur klinis (dokter spesialis) dibandingkan dengan para instruktur non klinis (dokter umum)(p<0.05). Pada penilaian reliabilitas kuesioner, nilai cronbach alpha yang dihasilkan adalah sebesar 0.95. Hal ini menunjukkan tingkat homogenitas item dalam instrumen penilaian yang sangat tinggi. Semua item memberikan kontribusi yang sama dalam menghitung reliabilitas instrumen penilaian. Hasil kuantitatif ini didukung oleh hasil kualitatif.
Kesimpulan: Kuesioner penilaian performa instruktur keterampilan klinik dalam memfasilitasi pembelajaran
keterampilan klinik di skillslab menunjukkan hasil yang valid dan reliable. Karakteristik instrumen yang sesuai
untuk menilai performa mengajar instuktur keterampilan klinik meliputi keterampilan mengajar, keterampilan
komunikasi & keterampilan interpersonal serta kondisi/strategi fasilitasi pembelajaran keterampilan klinik.
Kata kunci: instrument penilaian, evaluation, skills lab, performa mengajar instruktur skills lab