Author : Yoyo Suhoyo | Published : 01 August 2012
Jurnal Pendidika Kedokteran Indonesia. 2012. Vol 1 (2). 1-10.
http://jurnal.aipki.net/images/Data/Edidi-Juli-2012/01-10.pdf
Abstrak
Inovasi pendidikan kedokteran merupakan hal mendasar dan penting sebagai konsekuensi dari bermacam-macam tuntutan dan perubahan yang terjadi di lingkungan institusi pendidikan kedokteran. Inovasi strategi pendidikan merupakan bagian dari hal tersebut. Dalam merancang suatu inovasi itu sendiri, setiap institusi pendidikan kedokteran harus mempertimbangkan tingkat kelayakan, sumber daya yang dibutuhkan, waktu dan durasi pelaksanaan, skala dan derajat kegagalan yang mungkin terjadi, hambatan yang dihadapi dan pola inovasi yang akan dilakukan.Denganmemperhatikan kondisi saat ini dari institusi pendidikan kedokteran yang dikenalmelalui evaluasi diri dan rencana strategik, dan tren yang berkembang di pendidikan kedokteran saat ini, maka dapat diusulkan beberapa inovasi yang dapat dilakukan. Pendekatan SPICES dapat dilakukan sebagai panduan dalam mendesain inovasi-inovasi pendidikan kedokteran.
Kata kunci: inovasi, SPICES, institusi pendidikan kedokteran