Pendahuluan
Kuliah sebagai metode pembelajaran tertua sampai saat ini masih mendominasi proses belajar mengajar di pendidikan tinggi (Hativa, 2000). Walaupun sebagian besar dosen telah pernah memberikan kuliah, belum semua kuliah dilakukan secara efektif. Perubahan paradigm dari teaching as trasfering knowledge ke paradigm teaching as facilitating learning, tidaklah mudah dilakukan di lapangan. Apalagi dalam jadwal waktu yang terbatas, 1-2 jam.
Kuliah yang efektif juga membutuhkan persiapan yang baik, termasuk diantaranya: menentukan konsep utama yang akan disampaikan, membuat struktur penyampaian, memilih cara/pendekatan dan media yang dapat membantu mahasiswa memahami konsep dengan mudah dalam waktu yang tersedia, bagaimana membuat mahasiswa terlibat aktif dalam perkuliahan. Pada saat melaksanakan kuliah, salah satu ketrampilan kunci yang dibutuhkan adalah ketrampilan untuk menjelaskan.
Salah satu indicator efektifitas perkuliahan seharusnya adalah apakah diakhir perkuliahan mahasiswa memahami topik perkuliahan dan terstimulus untuk belajar mandiri, tergerak untuk lebih dalam mempelajari topik tersebut dan topik lain yang relevan.
Adalah tanggungjawab dan kewajiban seorang pengajar untuk mampu melakukan peningkatan kualitas perkuliahan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.
Tujuan Workshop
Diakhir pelatihan diharapkan peserta mampu:
- Mendemonstrasikan fasilitasi pembejaran yang efektif dalam bentuk kuliah mini (microteaching).
- Mengevaluasi microteaching yang dilakukannya.
- Menarik pembelajaran dari proses microteaching untuk diterapkan kedalam perkuliahan di institusinya masing masing.
Narasumber
- 1. dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, Ph.D
- 2. dr. Efrayim Suryadi, SU, PA(K), MHPE
- 3. dr. Santoso Budihardjo, SU, PA
Peserta
Peserta adalah para dosen pada institusi pendidikan profesi dan kesehatan di seluruh Indonesia dan ingin mengembangkan kulaitas perkuliahannya.
CATATAN:Peserta diwajibkan untuk membawa laptop dan headset serta menyiapkan 1 topik singkat untuk microteaching dalam waktu 10 menit.
Fasilitas
Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dinner dan sertifikat
Waktu dan Tempat
11- 13 Juli 2017
Hotel University Club Universitas Gadjah Mada
Agenda
Hari Pertama, Selasa 11 juli 2017
Waktu Acara
08.00 – 08.30 Registrasi
08.30-09.00 Overview dan pre-test dalam bentuk penulisan refleks
09.00-09.15 Rehat
09.15-12.00 Kuliah yang efektif:
- 1. Video TED: Teachers need real feedback
- 2. Think Pair Share: atribut kuliah yang efektif
- 3. Gallery walk: atribut kuliah yang efektif
- 4. Video: Collaborative Learning Techniques
11.00-12.00 Kerja individu untuk mendesain microteachin
12.00 – 13.00 ISHOMA<
13.00-15.00 Praktek Microteaching
15.00-15.15 Rehat
15.00-16.30 Wrap up Hari I
Hari Kedua, 12 Juli 2017
Waktu Acara
08.30 – 09.00 Refleksi: Apa yang telah dipelajari pada hari pertama
09.00 – 09.15 Rehat
09.15 – 10.15 Self-assessment: rekaman video
10.15 – 11.00 Kerja dalam kelompok: Peer-assessment hasil microteaching
11.00–12.00 Kerja individu untuk membuat rencana tindak lanjut
12.00 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 14.30 Moving Forward:
- 1. Active Learning Classroom
- 2. Video: Everyone is engaged
14.30-15.00 Post test dalam bentuk penulisan refleksi
Wrap Up-Penutupan
Pendaftaran
Biaya pendaftaran : Rp.2.500.000<
Biaya pendaftaran dapat dilakukan secara ONSITE
Peserta dibatasi max. 30 (tiga puluh) orang. Pendaftaran palig lambat tanggal 7 Juli 2017 ada atau ditutup apabila peserta sudah mencapai batas maksimal.
CATATAN: dimohon konfirmasi terlebih dahulu kepada panitia.
Informasi
Ratih/Rani
Departemen Pendidikan Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Gd. Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat,
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281
Telp: 0274-562139, Fax: 561196, SMS/WA: 0812 270 29000
Email: medicaleducation@ugm.ac.id