Pendahuluan

Kuliah sebagai metode pembelajaran tertua sampai saat ini masih mendominasi proses belajar mengajar di pendidikan tinggi (Hativa, 2000). Walaupun sebagian besar dosen telah pernah memberikan kuliah, belum semua kuliah dilakukan secara efektif. Perubahan paradigm dari teaching as trasfering knowledge ke paradigm teaching as facilitating learning, tidaklah mudah dilakukan di lapangan. Apalagi dalam jadwal waktu yang terbatas, 1-2 jam.

Kuliah yang efektif juga membutuhkan persiapan yang baik, termasuk diantaranya: menentukan konsep utama yang akan disampaikan, membuat struktur penyampaian, memilih cara/pendekatan dan media yang dapat membantu mahasiswa memahami konsep dengan mudah dalam waktu yang tersedia, bagaimana membuat mahasiswa terlibat aktif dalam perkuliahan. Pada saat melaksanakan kuliah, salah satu ketrampilan kunci yang dibutuhkan adalah ketrampilan untuk menjelaskan.

Salah satu indicator efektifitas perkuliahan seharusnya adalah apakah diakhir perkuliahan mahasiswa memahami topik perkuliahan dan terstimulus untuk belajar mandiri, tergerak untuk lebih dalam mempelajari topik tersebut dan topik lain yang relevan.

Adalah tanggungjawab dan kewajiban seorang pengajar untuk mampu melakukan peningkatan kualitas perkuliahan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan.

 

Tujuan Workshop

Diakhir pelatihan diharapkan peserta mampu:

  1. Mendemonstrasikan fasilitasi pembejaran yang efektif dalam bentuk kuliah mini (microteaching).
  2. Mengevaluasi microteaching yang dilakukannya.
  3. Menarik pembelajaran dari proses microteaching untuk diterapkan kedalam perkuliahan di institusinya masing masing.

 

Narasumber

  1. 1. dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, Ph.D
  2. 2. dr. Efrayim Suryadi, SU, PA(K), MHPE
  3. 3. dr. Santoso Budihardjo, SU, PA

 

Peserta

Peserta adalah para dosen pada institusi pendidikan profesi dan kesehatan di seluruh Indonesia dan ingin mengembangkan kulaitas perkuliahannya.

CATATAN:Peserta diwajibkan untuk membawa laptop dan headset serta menyiapkan 1 topik singkat untuk microteaching dalam waktu 10 menit.

 

Fasilitas

Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dinner dan sertifikat

 

Waktu dan Tempat

11- 13 Juli 2017

Hotel University Club Universitas Gadjah Mada

 

Agenda

Hari Pertama, Selasa 11 juli 2017

Waktu Acara

08.00 – 08.30 Registrasi

08.30-09.00 Overview dan pre-test dalam bentuk penulisan refleks

09.00-09.15 Rehat

09.15-12.00 Kuliah yang efektif:

  1. 1. Video TED: Teachers need real feedback
  2. 2. Think Pair Share: atribut kuliah yang efektif
  3. 3. Gallery walk: atribut kuliah yang efektif
  4. 4. Video: Collaborative Learning Techniques

11.00-12.00 Kerja individu untuk mendesain microteachin

12.00 – 13.00 ISHOMA<

13.00-15.00 Praktek Microteaching

15.00-15.15 Rehat

15.00-16.30 Wrap up Hari I

 

Hari Kedua, 12 Juli 2017

Waktu Acara

08.30 – 09.00 Refleksi: Apa yang telah dipelajari pada hari pertama

09.00 – 09.15 Rehat

09.15 – 10.15 Self-assessment: rekaman video

10.15 – 11.00 Kerja dalam kelompok: Peer-assessment hasil microteaching

11.00–12.00 Kerja individu untuk membuat rencana tindak lanjut

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 14.30 Moving Forward:

  1. 1. Active Learning Classroom
  2. 2. Video: Everyone is engaged

14.30-15.00 Post test dalam bentuk penulisan refleksi

Wrap Up-Penutupan

 

Pendaftaran

Biaya pendaftaran : Rp.2.500.000<

Biaya pendaftaran dapat dilakukan secara ONSITE

Peserta dibatasi max. 30 (tiga puluh) orang. Pendaftaran palig lambat tanggal 7 Juli 2017 ada atau ditutup apabila peserta sudah mencapai batas maksimal.

CATATAN: dimohon konfirmasi terlebih dahulu kepada panitia.

 

Informasi

Ratih/Rani

Departemen Pendidikan Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gd. Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat,

Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: 0274-562139, Fax: 561196, SMS/WA: 0812 270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id