Latar Belakang
Skenario dalam metode pembelajaran Problem-based Learning memegang peranan yang sangat penting. Skenario berfungsi sebagai pemicu proses belajar mahasiswa. Diskusi tutorial yang didukung dengan skenario yang tepat sesuai dengan tujuan belajar yang akan dicapai akan sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuannya belajar mandiri. Mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan maupun keterampilan yang baru berdasarkan rasa keingintahuan yang dipicu melalui skenario. Rasa keingintahuan itu pulalah yang dapat mendorong mahasiswa untuk mencari tahu lebih dalam pengetahuan atau keterampilan yang belum mereka kuasai. Konteks yang sesuai dengan profesi mereka di masa depan juga membantu mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.
Pelatihan ini akan memaparkan arti penting skenario dalam proses pembelajaran Problem-based Learning, berbagai macam format dan tipe-tipe skenario. Untuk memperdalam kemampuan peserta pelatihan dalam menguasai kompetensi penulisan skenario, pelatihan ini memberikan peluang bagi para peserta untuk mempraktekkan langsung penulisan skenario dengan berbagai tipe dan tidak terbatas pada format tertulis saja. Peserta akan dilengkapi dengan pengalaman menyiapkan skenario dalam format tidak tertulis. Evaluasi dan review skenario yang akan dan telah digunakan juga menjadi salah satu topik diskusi dalam pelatihan ini.
Tujuan Pelatihan
- Peserta mengetahui peran skenario dalam pembelajaran berdasarkan masalah (PBL).
- Peserta dapat membuat berbagai tipe skenario dalam format tertulis.
- Peserta dapat merancang berbagai tipe skenario dengan format tidak tertulis.
- Peserta dapat merancang dan melakukan proses review dan evaluasi skenario.
Peserta:
Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan spesialis di institusi pendidikan dokter dan profesi kesehatan.
Waktu dan Tempat
Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 Mei 2016 di Departemen Pendidikan Kedokteran FK UGM, Gedung Radiopoetro Lantai 6 Sekip, Yogyakarta.
Agenda
Hari 1, 11 Mei 2016Waktu Materi
08.00 – 08.20 Pembukaan dan overview pelatihan
08.20 – 08.45 Where am I?
08.45 – 09.45 Skenario dalam pembelajaran mahasiswa
09.45 – 10.00 Rehat
10.00 – 11.30 Tipe- tipe skenario
11.30 – 12.15 Skenario multilevel
12.15 – 13.15 Ishoma
13.15 – 14.00 Format skenario
14.00 – 15.30 Menentukan format dan tipe skenario berdasarkan konteks pembelajaran dan LO
15.30 – 16.00 Wrap up hari 1
16.00 Rehat
Hari 2, 12 Mei 2016
Waktu Materi
08.00 – 09.30 Langkah-langkah penulisan skenario (paper-based)
09.30 – 09.45 Coffee break
09.45 – 11.15 Menulis skenario paper-based
11.15 – 12.15 Evaluasi Skenario
12.15 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 14.30 Melakukan evaluasi dan review skenario
14.30 – 16.00 Pengembangan scenario non-paper-based
16.00 Coffee break
Hari 3, 13 Mei 2016
Waktu Materi
08.00 – 09.00 Story board
09.00 – 09.15 Coffee break
09.15 – 10.15 Merancang scenario non papper-based
10.15 – 11.15 Evaluasi storyboard dan perencanaan pelaksanaan
11.15 – 11.45 Perencanaan pengembangan penulisan skenario di institusi dan penutup
11.45 ISHOMA
Pengarah Pelatihan:
- Siti Rokhmah Projosasmito, MEd, (L,P,C)
Pembicara:
- Savitri Shitarukmi, M.Sc
- Noviarina Kurniawati
Fasilitas
Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat.
Biaya
Biaya kepesertaan Rp. 2.500.000,- (Dua jutalima ratus ribu rupiah). Pendaftaran paling lambat tanggal 10 Mei 2016 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal (30 peserta). Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita.
Penyelenggara
Departemen Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta
Informasi dan Pendaftaran
Ratih/ Rani
Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK)
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat
Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 562139, 902511, Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000
Email: medicaleducation@ugm.ac.id