Latar Belakang

Skenario dalam metode pembelajaran Problem-based Learning memegang peranan yang sangat penting. Skenario berfungsi sebagai pemicu proses belajar mahasiswa. Diskusi tutorial yang didukung dengan skenario yang tepat sesuai dengan tujuan belajar yang akan dicapai akan sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuannya belajar mandiri. Mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan maupun keterampilan yang baru berdasarkan rasa keingintahuan yang dipicu melalui skenario. Rasa keingintahuan itu pulalah yang dapat mendorong mahasiswa untuk mencari tahu lebih dalam pengetahuan atau keterampilan yang belum mereka kuasai. Konteks yang sesuai dengan profesi mereka di masa depan juga membantu mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.

Pelatihan ini akan memaparkan arti penting skenario dalam proses pembelajaran Problem-based Learning, berbagai macam format dan tipe-tipe skenario. Untuk memperdalam kemampuan peserta pelatihan dalam menguasai kompetensi penulisan skenario, pelatihan ini memberikan peluang bagi para peserta untuk mempraktekkan langsung penulisan skenario dengan berbagai tipe dan tidak terbatas pada format tertulis saja. Peserta akan dilengkapi dengan pengalaman menyiapkan skenario dalam format tidak tertulis. Evaluasi dan review skenario yang akan dan telah digunakan juga menjadi salah satu topik diskusi dalam pelatihan ini.

 

Tujuan Pelatihan

  1. Peserta mengetahui peran skenario dalam pembelajaran berdasarkan masalah (PBL).
  2. Peserta dapat membuat berbagai tipe skenario dalam format tertulis.
  3. Peserta dapat merancang berbagai tipe skenario dengan format tidak tertulis.
  4. Peserta dapat merancang dan melakukan proses review dan evaluasi skenario.

 

Peserta:

Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan spesialis di institusi pendidikan dokter dan profesi kesehatan.

 

Waktu dan Tempat

Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 11-13 Mei 2016 di Departemen Pendidikan Kedokteran FK UGM, Gedung Radiopoetro Lantai 6 Sekip, Yogyakarta.

 

Agenda

Hari 1, 11 Mei 2016Waktu Materi

08.00 – 08.20 Pembukaan dan overview pelatihan

08.20 – 08.45 Where am I?

08.45 – 09.45 Skenario dalam pembelajaran mahasiswa

09.45 – 10.00 Rehat

10.00 – 11.30 Tipe- tipe skenario

11.30 – 12.15 Skenario multilevel

12.15 – 13.15 Ishoma

13.15 – 14.00 Format skenario

14.00 – 15.30 Menentukan format dan tipe skenario berdasarkan konteks pembelajaran dan LO

15.30 – 16.00 Wrap up hari 1

16.00 Rehat

Hari 2, 12 Mei 2016

Waktu Materi

08.00 – 09.30 Langkah-langkah penulisan skenario (paper-based)

09.30 – 09.45 Coffee break

09.45 – 11.15 Menulis skenario paper-based

11.15 – 12.15 Evaluasi Skenario

12.15 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 14.30 Melakukan evaluasi dan review skenario

14.30 – 16.00 Pengembangan scenario non-paper-based

16.00 Coffee break

 

Hari 3, 13 Mei 2016

Waktu Materi

08.00 – 09.00 Story board

09.00 – 09.15 Coffee break

09.15 – 10.15 Merancang scenario non papper-based

10.15 – 11.15 Evaluasi storyboard dan perencanaan pelaksanaan

11.15 – 11.45 Perencanaan pengembangan penulisan skenario di institusi dan penutup

11.45 ISHOMA

 

Pengarah Pelatihan:

  1. Siti Rokhmah Projosasmito, MEd, (L,P,C)

 

Pembicara:

  1. Savitri Shitarukmi, M.Sc
  2. Noviarina Kurniawati

 

Fasilitas

Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat.

 

Biaya

Biaya kepesertaan Rp. 2.500.000,- (Dua jutalima ratus ribu rupiah). Pendaftaran paling lambat tanggal 10 Mei 2016 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal (30 peserta). Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita.

 

Penyelenggara

Departemen Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

 

Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511, Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id