Latar Belakang:
Sistem penilaian dalam pendidikan klinik/profesi harus mampu mengukur pencapaian seorang mahasiswa terhadap kompetensi klinik yang telah ditetapkan setelah mengikuti proses pembelajaran di klinik. Kompetensi klinik sangatlah kompleks dan tidak terbatas pada pengetahuan saja. Kompetensi klinik meliputi berbagai hal yang terkait dengan tugas profesi, pola pendekatan dalam menjalankan tugas dan nilai-nilai profesionalime. Miller (1990) menyebutkan ada empat tingkat jenis kompetensi yang harus dinilai dari mahasiswa, dari tingkat kognisi ke perilaku. Keempat tingkatan kompetensi yang kemudian digambarkan dalam bentuk piramida Miller tersebut adalah; pertama mengetahui (know); kedua mengetahui bagaimana (know how); ketiga menunjukkan bagaimana (show how); dan keempat melakukan (does). Sistem penilaian pada pendidikan klinik haruslah meliputi berbagai tingkat kompetensi seperti yang dijelaskan pada piramida Miller tersebut. Karena dilakukan di tempat praktek klinik, sitem penilaian yang paling tepat adalah Workplace-based assessment (WPBA) yakni mahasiswa dinilai berdasarkan hal yang dilakukannya di tempat kerja/praktek secara aktual.
Sebagai suatu metode penilaian, dalam merancang sistem penilaian di pendidikan klinik/profesi, beberapa hal berikut harus dipenuhi, antara lain: (1) kesesuaian dengan tujuan pendidikan atau kompetensi yang akan diukur (fitness for purpose); (2) keterandalan (reliable); (3) keterlaksanaan (feasibility); (4) komprehensif (comprehensive); (5) keterbukaan (transparency); (6) keadilan (fairness); (7) dapat dibandingkan (comparability); (8) refleksi (reflection); dan (9) dampak terhadap pembelajaran mahasiswa (impact on learning). Mengingat bahwa penyelenggaraan sistem penilaian pendidikan klinik/profesi melibatkan banyak pasien, fasilitas kesehatan, sarana prasarana, sumber daya manusia (SDM), dan pembiayaan, maka diperlukan pendekatan komprehensif dalam perancangannya. Untuk memenuhi prinsip perancangan dan penerapan sistem penilaian belajar mahasiswa, kami telah mengembangkan pendekatan komprehensif dalam merancang penilaian berbasis kompetensi WE PASS with A, termasuk untuk merancang sistem penilaian di pendidikan klinik/profesi.
WE PASS with A adalah pendekatan yang terdiri dari 6 langkah utama dalam merancang sistem penilaian, yaitu WE PASS: Writing, Editing, Preparation, Assessment process, Standard Setting, dan Specific Feedback, ditambah dengan satu langkah penyempurnaan A: Assessing assessment. Pelatihan ini ditujukan untuk menjelaskan dan mempraktekan langkah demi langkah penerapan WE PASS with A sebagai pendekatan yang praktis dan mudah dilakukan di lapangan dalam merancang sistem penilaian pendidikan klinik/profesi. Dengan menguasai pendekatan ini, diharapkan setiap peserta dapat meningkatkan kualitas sistem penilaian di pendidikan klinik/profesi.
Tujuan:
Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta pelatihan mampu untuk:
- Menulis cetak biru (blueprint) rancangan sistem penilaian pendidikan klinik/profesi.
- Menelaah (edit) cetak biru dan instrumen sistem penilaian pendidikan klinik/profesi.
- Mempersiapkan pelaksanaan sistem penilaian pendidikan klinik/profesi..
- Melaksanakan proses penilaian dengan metode sistem penilaian pendidikan klinik/profesi..
- Memilih cara menetapkan kelulusan mahasiswa dalam sistem penilaian pendidikan klinik/profesi.
- Memberikan umpan balik (feedback) khusus kepada mahasiswa dan stakeholder terkait hasil penilaian pada pendidikan klinik/profesi..
- Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem penilaian pendidikan klinik/profesi di institusinya masing-masing.
Peserta:
Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan spesialis di institusi pendidikan dokter dan dokter gigi.
Agenda
Hari 1, 5 September 2016
Waktu Materi
08.00 – 08.30 Registrasi
08.30 – 09.00 Overview Pelatihan
09.00 – 09.45 WE: Writing and Editing dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi
09.45 – 10.00 Coffee Break
10.00 – 12.00 Praktek penerapan WE dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi
12.00 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 13.45 PA: Preparation and Assessment process dalam Sistem Penilaian Pendidikan
Klinik/Profesi
13.45 – 15.30 Praktek penerapan PA dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi
15.30 – 15.45 Coffee Break
Hari 2,6September 2016
08.30 – 09.30 SS: Standard setting and Specific feedback dalam Sistem Penilaian Pendidikan
Klinik/Profesi
09.30 – 10.00 Coffee Break
10.00 – 12.00 Praktek penerapan SS dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi
12.00 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 13.30 A: Assessing Assessment dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi
13.30 – 15.15 Praktek penerapan with A dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi
15.15 – 15.30 Penutupan
15.30 – 15.45 Coffee Break
Waktu dan Tempat
Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 September 2016 di Departemen Pendidikan Kedokteran FK UGM, Gedung Radiopoetro Lantai 6 Sekip, Yogyakarta.
Pengarah Pelatihan:
- Yoyo Suhoyo, MMedEd
Pembicara:
- Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
- Yoyo Suhoyo, MMedEd
Biaya
Biaya kepesertaan Rp. 2.000.000,- (Dua juta rupiah). Pendaftaran paling lambat tanggal 4 September 2016 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal (30 peserta). Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita.
Penyelenggara
Departemen Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta
Informasi dan Pendaftaran
Ratih/ Rani
Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK)
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat
Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000
Email: medicaleducation@ugm.ac.id
Catatan: Wajib membawa laptop