Latar Belakang
Teori-teori belajar terkini mendasarkan pada keyakinan bahwa belajar adalah ‘proses aktif’ sehingga agar proses belajar berjalan optimal diperlukan interaksi aktif dan partisipasi aktif dari mahasiswa dan dosen. Belajar juga diyakini sebagai proses ‘membangun pemahaman’, sehingga proses memperoleh pengetahuan bukanlah melalui transfer secara pasif dari dosen ke mahasiswa. Mahasiswa kini dipandang sebagai ‘co-producer of knowledge’.Mahasiswa mampu membangun pemahaman melalui suatu proses yang difasilitasi oleh dosen. Proses membangun pemahaman bisa berlangsung melalui metode pembelajaran yang mendorong interaksi aktif (misalnya diskusi kelompok kecil, problem-based learning, case-based learning, project-based learning, dll) dan distimulasi oleh masalah atau kasus yang kontekstual. Strategi belajar yang didasarkan pada keyakinan ini dikenal sebagai ‘student-centred learning’ yang dilandasi oleh teori-teori belajar konstruktivisme.
Pada strategi ini peran dosen bukan lagi sebagai ‘pentransfer’ ilmu pengetahuan (knowledge), dosen adalah fasilitator atau tutor yang mengelola proses pembelajaran dan mengembangkan media ajar yang sesuai. Agar dapat berperan optimal dalam memfasilitasi mahasiswa secara aktif, diperlukan penguasaan terhadap kompetensi tutor.
- Tujuan Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu:
- Menjelaskan teori yang melandasi student-centred learning
- Menjelaskan berbagai metode pembelajaran yang berbasis student-centred learning
- Menjelaskan kompetensi tutor/fasilitator dalam student-centred learning
- Menerapkan intervensi tutor pada berbagai situasi mahasiswa
- PesertaDosen pada berbagai institusi pendidikan profesi kesehatan
- Direktur Pelatihan (Training Director)dr Titi Savitri Prihatiningsih, MA, MMedEd, PhD
- Fasilitator
dr Savitri Shitarukmi, M.Sc
dr Rara Prodjosasmito, Med, (L,P,C)
dr Hikmah Nurrohmah, MSc
- Agenda Pelatihan
Hari 1, 26 Mei 2016
Waktu Acara
08.00 – 08.15 Registrasi
08.15 – 08.30 Pembukaan dan Ice Breaker
08.30 – 09.30 Observasi dan diskusi Video ‘Peran Tutor’
09.30 – 10.30 Landasan Teori ‘Student-Centred Learning’ dan ‘Problem-based learning’
10.30 – 11.00 Coffee break
11.00 – 12.30 Praktik dan Refleksi ‘Peran Tutor’
(diagnostician, challenger, motivator, monitor, evaluator, stimulator )
12.30 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 15.00 Kuliah Interaktif ‘Intervensi Tutor’
15.00 – 15.30 Praktik dan Refleksi ‘Intervensi Tutor’ pada Pertemuan I Problem-based Learning
15.30 – 17.30 Wrap up Hari Pertama
Hari 2, 27 Mei 2016
Waktu Acara
08.00 – 08.15 Registrasi
08.15 – 08.30 Pembukaan dan Ice Breaker
08.30 – 09.30 Observasi dan diskusi Video ‘Intervensi Tutor’
09.30 – 10.30 Praktik dan Refleksi ‘Intervensi Tutor’ pada Pertemuan I PBL
10.30 – 11.00 Coffee break
11.00 – 12.30 Praktik dan Refleksi ‘Intervensi Tutor’ pada Pertemuan II PBL
12.30 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 15.00 Praktik dan Refleksi ‘Intervensi Tutor’ pada pertemuan II PBL
15.00 – 15.30 Coffee break
15.30 – 17.00 Take Home Message
17.00 Penutup dan Pembagian Sertifikat
- Waktu dan Tempat Penyelenggaraan
26-27 Mei 2016
Ruang Studio, Gedung Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat
Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK)
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281
- FasilitasKit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat
- Biaya
Biaya kepesertaan Rp. 2.000.000, (ON SITE)
Pendaftaran paling lambat tanggal 25 Mei 2016 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal (30 peserta). Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita.
- Penyelenggara
Departemen Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta
- Informasi dan Pendaftaran
Ratih
Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK)
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat
Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 562139, 902511,
Fax. (0274) 561196
Email: medicaleducation@ugm.ac.id
SMS: 0812 270 29000