Latar Belakang

Pendidikan profesi kesehatan, baik pada tingkat Diploma I-III, Sarjana, Profesi maupun Spesialis perlu diselenggarakan secara bertanggungjawab sesuai dengan kaidah-kaidah yang berkembang di dalam ilmu pendidikan profesi kesehatan. Di dalam program pendidikan profesi kesehatan ataupun pelatihan-pelatihan, kurikulum merupakan aspek yang sangat penting. Komponen terkecil dari suatu kurikulum pada pendidikan profesi kesehatan adalah unit atau modul atau blok. Setiap unit/modul/blok terdiri dari rangkaian sesi (peristiwa) pembelajaran yang di dalam bahasa Inggris disebut ‘events of instruction’. Suatu event of instruction dapat berupa 2 jam kuliah interaktif, dua jam diskusi kelompok, tiga jam praktikum, lima jam praktik lapangan,  atau 4 jam di poliklinik, dst.

Proses pendidikan akan berjalan optimal dan kompetensi tercapai apabila setiap event of instruction dirancang secara cermat. Pendidik atau dosen atau pelatih perlu memiliki kemampuan untuk merancang disain instruksional untuk setiap event of instruction.

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu:

  1. Menjelaskan proses belajar berdasarkan teori-teori belajar konstruktivisme
  2. Menjelaskan pengertian dan asumsi dasar disain instruksional
  3. Merumuskan tujuan instruksional berdasarkan domain learning yang sesuai
  4. Menerapkan analisis tujuan instruksional (learning tasks)
  5. Merancang disain instruksional di tingkat unit/modul/blok
  6. Merancang disain instruksional di tingkat lesson
  7. Merancang metode penilaian hasil belajar untuk menilai pencapaian tujuan instruksional

Peserta

Adalah dosen, staf akademik, pendidik pada berbagai institusi pendidikan profesi kesehatan

Metode Pelatihan

  1. Kuliah interaktif
  2. Praktik
  3. Diskusi
  4. Refleksi

Agenda

Hari 1, Jumat  27 Februari 2015

Waktu            Materi

07.30 – 08.00 Registrasi

08.00 – 08.30 Pembuka dan Ice breaker

08.30 – 09.30 Observasi dan Diskusi Kasus “ Kegiatan Satu Minggu Mahasiswa pada Tahap

09.30 – 10.30 Langkah-langkah Pengembangan Modul pada Kurikulum Berbasis Kompetensi

10.30 – 10.45 Coffee break

10.45 – 12.30 Learning Hierarchy Analysis dan instructional sequences

12.30 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 15.00 Teori belajar konstruktivisme dan Taksonomi Pembelajaran

15.00 – 15.30 Coffee break

15.30 -17.30 Prinsip-prinsip  Student Assignment dan Taksonomi Pembelajaran

17.30            Penutup

 Hari 2, Sabtu, 28 Februari 2015

Waktu            Materi

07.30 – 08.00 Registrasi

08.00 – 08.15 Pembuka dan Ice Breaker

08.15 – 10.15 Prinsip pemilihan media ajar dan Taksonomi Pembelajaran

10.15 – 10.30 Coffee break

10.30 – 12.30 Praktik Merancang Disain Instruksional di tingkat Modul

12.30 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 15.00 Presentasi  Rancangan Modul

15.00 – 15.30 Coffee break

15.30 – 17.00 Take Home Message

Fasilitas:

Kit pelatihan ( bahan, CD materi, lunch box, coffee break (2x), dan sertifikat).

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan:

27-28   Februari 2015

Ruang studio

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gajdah Mada Gedung

Prof. Radiopoetro Lt. 6 Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara, yogyakarta 55281.

Pengarah Pelatihan

  1. Titi Savitri Prihatiningsih, MA, MMedEd, Ph.D

Pembicara

  1. Titi Savitri Prihatiningsih, MA, MMedEd, Ph.D
  2. Widyandana, MHPE, Ph.D
  3. Savitri Shitarukmi, M.Sc

Biaya

Biaya kepesertaan  Rp.   2.000.000,- (Dua juta rupiah). Pendaftaran paling lambat tanggal 26 Februari 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.

Penyelenggara

Bagian Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id