Latar Belakang:

Secara umum assessment didefinisikan sebagai suatu proses untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan untuk memberikan feedback kepada mahasiswa ataupun membuat suatu keputusan yang berkaitan dengan mahasiswa, kurikulum dan kebijakan pendidikan. Pengembangan sistem assessment harus memperhatikan beberapa prinsip dasar, antara lain: (1) sesuai dengan tujuan pendidikan atau kompetensi yang akan diukur; (2) komprehensif; (3) merupakan proses yang berkesinambungan; dan (4) mencakup baik tujuan formatif maupun sumatif. Setiap metode/ instrument yang digunakan harus memenuhi prinsip umum suatu metode assessment, yaitu, (1) sesuai dengan tujuan pendidikan atau kompetensi yang akan diukur (fitness for purpose); (2) keterandalan (reliable); (3) keterlaksanaan (feasibility); (4) komprehensif (comprehensive); (5) keterbukaan (transparency); (6) keadilan (fairness); (7)  dapat dibandingkan (comparability); (8) refleksi (reflection); dan (9) dampak terhadap pembelajaran mahasiswa (impact on learning).

Semua prinsip assessment di atas juga berlaku dalam pendidikan klinik.Assessment dalam pendidikan klinik harus mampu mengukur pencapaian seorang mahasiswa terhadap kompetensi klinik yang telah ditetapkan setelah mengikuti proses pembelajaran di klinik. Kompetensi klinik sangatlah kompleks dan tidak terbatas pada pengetahuan saja. Kompetensi klinik meliputi berbagai hal yang terkait  dengan tugas profesi dokter, pola pendekatan dalam menjalankan tugas dan nilai-nilai profesionalime. Miller (1990) menyebutkan ada empat tingkat jenis kompetensi yang harus dinilai dari mahasiswa, dari tingkat kognisi ke perilaku. Keempat tingkatan kompetensi yang kemudian digambarkan dalam bentuk piramida Miller tersebut adalah; pertama mengetahui (know); kedua mengetahui bagaimana (know how); ketiga menunjukkan bagaimana (show how); dan keempat melakukan (does). Sistem penilaian pada pendidikan klinik haruslah meliputi berbagai tingkat kompetensi seperti yang dijelaskan pada piramida Miller tersebut dan dengan menggunakan berbagai jenis alat penilaian.

Beranjak dari kebutuhan tersebut, pelatihan ini memberikan kesempatan untuk mengenalkan metode penilaian dalam pendidikan klinik yang praktis dan mudah dilakukan di lapangan. Dengan menguasai metode assessment ini, diharapkan kualitas sistem assessment  dalam pendidikan klinik meningkat dan hasil pendidikan klinik menjadi lebih baik.

Tujuan:

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta pelatihan mampu untuk:

  1. Mengidentifikasi model assessment dalam pendidikan klinik dan karakteristiknya
  2. Mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi pada pelaksanaan sistem assessment dalam pendidikan klinik
  3. Menerapkan prinsip-prinsip dasar assessmentdalam pelaksanaan penilaian di pendidikan klinik
  4. Melakukan beberapa metodeassessment dalam pendidikan klinik, yaitu: Case Based Discussion (CBD), Mini Clinical Evaluation Exercise (mini CEX), Direct Observation of Procedural Skills (DOPS), Objective Structured Long Examination Record (OSLER), Multi Sources Feedback (MSF) dan Portfolio.
  5. Memilih metode assessment dalam pendidikan klinik yang tepat, sesuai dengan kebutuhan di institusi pendidikannya

Peserta:

Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan  spesialis di institusi pendidikan dokter dan profesi kesehatan.

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

 4 – 5 Agustus 2015

Ruang Studio, Gedung Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Acara:

Hari 1, Selasa, 4 Agustus 2015

     Waktu                                           Acara                                        Narasumber dan Fasilitator

08.00 – 08.30       Registrasi

08.30 – 09.00       Overview Pelatihan                                             dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

09.00 – 10.00       Prinsip Penilaian dalam                                       dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD

Pendidikan Klinik/ Profesi

(Workplace-based Assessment)

10.00 – 10.15       Coffee Break

10.15 – 11.15       Case Based Discussion (CBD):                           dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Teori dan Praktek

11.15 –12.15        Clinical Work Sampling (CWS) dan Clinical        dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

                             Encounter Card (CEC)

12.15 – 13.15       ISHOMA

13.15 – 14.30       Direct Observation of Procedural                        dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Skills (DOPS): Teori dan Praktek

14.30 –15.45       Objective Structured Long Examination               dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD 
Record
 (OSLER): Teori dan Praktek
15.45 –16.00        Coffee Break Hari 2, Rabu, 5 Agustus 2015

      Waktu                                      Acara                                                      Narasumber dan Fasilitator

08.30 – 10.00       Mini Clinical Evaluation Exercise (mini CEX):        dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD

Teori dan Praktek

10.00 – 10.15       Coffee Break

10.15 – 12.00       Berbagai Contoh lain Tools for                             dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

                             Direct Obsevation 

12.00 – 13.00       ISHOMA

13.00 – 14.15       Multi Sources Feedback (MSF)/360                     dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

                             Feedback

14.15 – 15.15       Portfolio                                                                 dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD

15.15 – 15.45       Review Pelatihan dan Penutupan                          dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

15.45 – 16.00       Coffee Break

Pengarah Pelatihan:

  1. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Pembicara:

  1. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  2. Yoyo Suhoyo, MMedEd

FasilitasKit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat.

Biaya

Biaya kepesertaan  Rp.   2.000.000,- (Dua juta rupiah)

Biaya pendaftaran dapat ditransfer melalui:

BNI Cabang UGM

Taplus No. 9888807014110326

Atas nama: UGM FK KAF Penerimaan Pelatihan Bagian Pendidikan Kedokteran

Foto copy bukti transfer mohon diserahkan ke panitia

Pendaftaran paling lambat tanggal 3 Agustus 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.

Penyelenggara

Bagian Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

 Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511, Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id