Latar Belakang

Pendidikan tinggi yang bermutu saat ini merupakan keharusan, apalagi untuk pendidikan dokter, dokter spesialis, dokter gigi dan dokter gigi spesialis serta profesi kesehatan yang lain, seperti bidan, perawat, farmasi, gizi, dll. Di tingkat Nasional hal ini diamanatkan melalui UU Sisdiknas No.20/2003, UU Pendidikan Tinggi No.12/2012 serta berbagai peraturan pemerintah lainnya, seperti Permendikbud No.50/2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu, Permenristekdikti No.44/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Dengan terbentuknya berbagai kesepakatan regional, di tingkat ASEAN telah disepakati bahwa pada akhir tahun 2015 akan terbentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mendorong mobilisasi barang dan jasa. Termasuk di sini adalah mobilisasi dokter dan profesi kesehatan lain. Di tingkat internasional, pengakuan terhadap mutu pendidikan merupakan hal yang penting agar lulusan institusi pendidikan tinggi kesehatan memiliki keunggulan kompetitif. Untuk bisa menghasilkan lulusan yang bermutu, maka institusi pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan perlu mengembangkan sistem penjaminan mutu internal secara sungguh-sungguh. Salah satu mekanismenya adalah dengan melaksanakan Audit Mutu Akademik Internal.

 

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini Peserta mampu:

  1. Mengembangkan prosedur Audit Mutu Akademik Internal di institusinya
  2. Melaksanakan prosedur Audit Mutu Akademik Internal

 

Narasumber

  1. dr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA, MMedEd, PhDDepartment of Medical EducationFaculty of Medicine Universitas Gadjah Mada
  2. Dr.Emy Huriyati. MScDepartment of NutritionFaculty of Medicine Universita Gadjah Mada

Peserta

Dosen, tenaga kesehatan pada berbagai institusi pendidikan profesi dan kesehatan

 

Fasilitas

Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, Cd materi, lunch, rehat, dan sertifikat

 

Waktu dan Tempat

19-20 Oktober 2016

  1. Studio, Gd. Radiopoetro Lt. 6 Sayap Barat

Departemen Pendidikan Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

 

Agenda Pelatihan

Hari 1, 19 Oktober 2016

Waktu Kegiatan

08.30-09.00 Ice Breaker

09.00-10.00 Filosofi dan Definisi Mutu dan Sistem Penjaminan Mutu

10.00-10.30 Rehat

10.30-12.00 Membuat perencanaan audit

12.00-13.00 Ishoma

13.00-14.00 Presentasi dan Umpan Balik

14.00-15.00 Membuat checklist

15.00-15.15 Rehat

15.15-16.15 Presentasi dan Umpan Balik

16.15-17.15 Penjelasan Simulasi Audit

Hari 2, 20 Oktober 2016

Waktu Kegiatan

08.00-10.00 Praktik Audit Kepatuhan dan Membuat Laporan

10.00-10.15 Rehat

10.15-11.15 Praktik Audit Kepatuhan dan Membuat Laporan

11.15-12.15 Presentasi pada Closing Meeting

12.15-13.15 Ishoma

13.15-14.15 Umpan Balik

14.15-16.00 Ujian

 

Biaya Pelatihan

Biaya pendaftaran Rp. 2.000.000,- (Dua juta rupiah). Biaya pendaftaran dapat dilakukan secara ONSITE.

Peserta dibatasi maksimal 30 orang. Pendaftaran paling lambat tanggal 18 oktober 2016 dan atau ditutup

apabila peserta sudah mencapai batas maksimal.

 

CATATAN: Dimohon untuk konfirmasi terlabih dahulu kepada panitia.

 

Informasi

Ratih/Rani

Departemen Pendidikan Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gd. Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Baat,

Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp: 0274-562139, Fax: 561196, SMS/WA: 0812 270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id