Latar Belakang:

Penilaian kognitif adalah bagian penting dalam penilaian kompetensi mahasiswa kedokteran dan profesi kesehatan lainnya. Berbagai metode telah dikembangkan untuk dapat menilai kemampuan kognitif mahasiswa. Pilihan ganda (multiple choices question/MCQ), essay, modified essay questions (MEQ), jawaban singkat (short answer),d an menjodohkan adalah contoh-contoh metode yang telah banyak digunakan untuk menilai kemampuan kognitif mahasiswa. Perancangan suatu sistem penilaian kognitif harus memperhatikan beberapa prinsip dasar, antara lain: (1) sesuai dengan tujuan pendidikan atau kompetensi yang akan diukur (fitness for purpose); (2) keterandalan (reliable); (3) keterlaksanaan (feasibility); (4) komprehensif (comprehensive); (5) keterbukaan (transparency); (6) keadilan (fairness); (7)  dapat dibandingkan (comparability); (8) refleksi (reflection); dan (9) dampak terhadap pembelajaran mahasiswa (impact on learning). Untuk memenuhi prinsip perancangan dan penerapan dam penilaian belajar mahasiswa, termasuk penilaan kognitif, kami telah mengembangkan pendekatan komprehensif dalam merancang penilaian belajar mahasiswa, WE PASS with A.

WE PASS with A adalah pendekatan yang terdiri dari 6 langkah utama dalam merancang sistem penilaian, yaitu WE PASS: WritingEditingPreparationAssessment process, Standard Setting, dan Specific Feedback, ditambah dengan satu langkah penyempurnaan AAssessing assessment.  Pelatihan ini ditujukan untuk menjelaskan dan mempraktekan langkah demi langkah penerapan WE PASS with A sebagai pendekatan yang praktis dan mudah dilakukan di lapangan dalam merancang penilaian kognitif mahasiswa. Dengan menguasai pendekatan ini, diharapkan setiap peserta dapat meningkatkan kualitas sistem penilaian kognitif di setiap institusi pendidikan kedokteran dan kesehatan di seluruh Indonesia.

Tujuan:

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta pelatihan mampu untuk:

  1. Menulis cetak biru (blueprint) rancangan penilaian dan soal  untuk penilaian kognitif mahasiswa.
  2. Menelaah (edit) cetak biru dan soal untuk penilaian kognitif mahasiswa.
  3. Mempersiapkan pelaksanaan penilaian kognitif mahasiswa.
  4. Melaksanakan proses penilaian kognitif mahasiswa.
  5. Memilih dan menggunakan metode penetapan nilai batas lulus mahasiswa dalam penilaian kognitif.
  6. Memberikan umpan balik (feedback) khusus kepada mahasiswa dan stakeholder berdasarkan hasil penilaian kognitif mahasiswa
  7. Melakukan evaluasi terhadap sistem penilaian kognitif mahasiswa di institusinya masing-masing.

Peserta:

Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan  spesialis di institusi pendidikan dokter dan profesi kesehatan.

Waktu dan Tempat

Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Juni 2015 di Bagian Pendidikan Kedokteran FK UGM, Gedung Radiopoetro Lantai 6 Sekip, Yogyakarta.

Acara:

Hari 1, 9 Juni 2015

Waktu                                    Acara                                                  

08.00 – 08.30      Registrasi

08.30 – 09.00      Overview Pelatihan

09.00 – 09.45      WE: Writing and Editing dalam penilaian kognitif mahasiswa                            

09.45 – 10.00      Coffee Break

10.00 – 12.00      Praktek penerapan WE dalam penilaian  kognitif mahasiswa                                  

12.00 – 13.00      ISHOMA

13.00 – 13.45      PA: Preparation and  Assessment process dalam penilaian kognitif    

                            mahasiswa

13.45 – 15.30     Praktek penerapan PA dalam penilaian kognitif mahasiswa

15.30 – 15.45      Coffee Break                                             

Hari 2, 10 Juni 2015
       Waktu                    Acara                                        

08.30 – 09.00     SS: Standard setting and Specific feedback dalam penilaian kognitif

mahasiswa

09.00 – 10.00     Coffee Break

10.00 – 12.00     Praktek penerapan SS dalam penilaian kognitif mahasiswa                                 

12.00 – 13.00      ISHOMA

13.00 – 13.30      A: Assessing Assessment dalam     penilaian kognitif mahasiswa

13.30 – 15.15     Praktek penerapan with A dalam penilaian kognitif mahasiswa
15.15 – 15.30     Penutupan

15.30 – 15.45     Coffee Break
Pengarah Pelatihan:

  1. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  2. Yoyo Suhoyo, MMedEd

 Pembicara:

  1. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  2. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

9 – 10 Juni 2015

Ruang Studio, Gedung Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Fasilitas

Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat

Biaya

Biaya kepesertaan  Rp.   2.000.000,- (Dua juta rupiah)

Biaya pendaftaran dapat ditransfer melalui:

BNI Cabang UGM

Taplus No. 9888807014110326

Atas nama: UGM FK KAF Penerimaan Pelatihan Bagian Pendidikan Kedokteran

Foto copy bukti transfer mohon diserahkan ke panitia

Pendaftaran paling lambat tanggal 8 Juni 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.

Penyelenggara

Bagian Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

 Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id