Latar Belakang:

Objective Structured Clinical Examination (OSCE) telah lebih dari 30 tahun digunakan sebagai penilaian keterampilan klinis di pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan di seluruh dunia. Sebagai suatu metode penilaian, dalam merancang OSCE, beberapa hal berikut harus dipenuhi, antara lain: (1) kesesuaian dengan tujuan pendidikan atau kompetensi yang akan diukur (fitness for purpose); (2) keterandalan (reliable); (3) keterlaksanaan (feasibility); (4) komprehensif (comprehensive); (5) keterbukaan (transparency); (6) keadilan (fairness); (7)  dapat dibandingkan (comparability); (8) refleksi (reflection); dan (9) dampak terhadap pembelajaran mahasiswa (impact on learning). Mengingat bahwa penyelenggaraan OSCE melibatkan banyak fasilitas, sarana prasarana, sumber daya manusia (SDM), dan pembiayaan, maka diperlukan pendekatan komprehensif dalam perancangannya. Untuk memenuhi prinsip perancangan dan penerapan sistem penilaian belajar mahasiswa, kami telah mengembangkan pendekatan komprehensif dalam merancang penilaian berbasis kompetensi WE PASS with A, termasuk untuk merancang OSCE.

WE PASS with A adalah pendekatan yang terdiri dari 6 langkah utama dalam merancang sistem penilaian, yaitu WE PASS: WritingEditingPreparationAssessment process, Standard Setting, dan Specific Feedback, ditambah dengan satu langkah penyempurnaan AAssessing assessment.  Pelatihan ini ditujukan untuk menjelaskan dan mempraktekan langkah demi langkah penerapan WE PASS with A sebagai pendekatan yang praktis dan mudah dilakukan di lapangan dalam merancang OSCE. Dengan menguasai pendekatan ini, diharapkan setiap peserta dapat meningkatkan kualitas OSCE di setiap institusi pendidikan kedokteran dan kesehatan di seluruh Indonesia.

Tujuan:

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta pelatihan mampu untuk:

  1. Menulis cetak biru (blueprint) rancangan penilaian dan soal  OSCE.
  2. Menelaah (edit) cetak biru dan soal OSCE.
  3. Mempersiapkan pelaksanaan OSCE.
  4. Melaksanakan proses penilaian dengan metode OSCE.
  5. Memilih dan menggunakan metode penetapan nilai batas lulus mahasiswa untuk OSCE.
  6. Memberikan umpan balik (feedback) khusus kepada mahasiswa dan stakeholder terkait berdasarkan hasil OSCE.
  7. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan OSCE di institusinya masing-masing.

Peserta:

Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan  spesialis di institusi pendidikan dokter dan profesi kesehatan.

Waktu dan Tempat

Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 12 Juni 2015 di Bagian Pendidikan Kedokteran FK UGM, Gedung Radiopoetro Lantai 6 Sekip, Yogyakarta.

Acara:

Hari 1, 11 Juni 2015

   Waktu                  Acara                                         

08.00 – 08.30     Registrasi

08.30 – 09.00     Overview Pelatihan

09.00 – 09.45     WE: Writing and Editing dalam OSCE                            

09.45 – 10.00     Coffee Break10.00 – 12.00     Praktek penerapan WE dalam OSCE 

12.00 – 13.00     ISHOMA

13.00 – 13.45     PA: Preparation and  Assessment process dalam OSCE                        

13.45 – 15.30      Praktek penerapan PA  dalam OSCE

15.30 – 15.45     Coffee Break

Hari 2, 12 Juni 2015

Waktu                                      Acara    

08.30 – 09.00      SS: Standard setting and Specific feedback dalam OSCE                  

09.00 – 09.30      Coffee Break09.30 – 11.30       Praktek penerapan SS dalam OSCE

11.30 – 13.00       ISHOMA

13.00 – 13.30       A: Assessing Assessment dalam OSCE          

13.30 – 15.15       Praktek penerapan with A

15.15 – 15.30       Penutupan

15.30 – 15.45      Coffee Break

Pengarah Pelatihan:

  1. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  2. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Pembicara:

  1. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  2. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

11 – 12 Juni 2015

Ruang Studio, Gedung Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Fasilitas

Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat

Biaya

Biaya kepesertaan  Rp.   2.000.000,- (Dua juta rupiah)

Biaya pendaftaran dapat ditransfer melalui:

BNI Cabang UGM

Taplus No. 9888807014110326

Atas nama: UGM FK KAF Penerimaan Pelatihan Bagian Pendidikan Kedokteran

Foto copy bukti transfer mohon diserahkan ke panitia

Pendaftaran paling lambat tanggal 10 Juni 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.

Penyelenggara

Bagian Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

 Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511, Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id