Latar Belakang:

Sistem penilaian dalam pendidikan klinik/profesi harus mampu mengukur pencapaian seorang mahasiswa terhadap kompetensi klinik yang telah ditetapkan setelah mengikuti proses pembelajaran di klinik. Kompetensi klinik sangatlah kompleks dan tidak terbatas pada pengetahuan saja. Kompetensi klinik meliputi berbagai hal yang terkait dengan tugas profesi, pola pendekatan dalam menjalankan tugas dan nilai-nilai profesionalime. Miller (1990) menyebutkan ada empat tingkat jenis kompetensi yang harus dinilai dari mahasiswa, dari tingkat kognisi ke perilaku. Keempat tingkatan kompetensi yang kemudian digambarkan dalam bentuk piramida Miller tersebut adalah; pertama mengetahui (know); kedua mengetahui bagaimana (know how); ketiga menunjukkan bagaimana (show how); dan keempat melakukan (does). Sistem penilaian pada pendidikan klinik haruslah meliputi berbagai tingkat kompetensi seperti yang dijelaskan pada piramida Miller tersebut. Karena dilakukan di tempat praktek klinik, sitem penilaian yang paling tepat adalah Workplace-based assessment (WPBA) yakni mahasiswa dinilai berdasarkan hal yang dilakukannya di tempat kerja/praktek secara aktual.

Sebagai suatu metode penilaian, dalam merancang sistem penilaian di pendidikan klinik/profesi, beberapa hal berikut harus dipenuhi, antara lain: (1) kesesuaian dengan tujuan pendidikan atau kompetensi yang akan diukur (fitness for purpose); (2) keterandalan (reliable); (3) keterlaksanaan (feasibility); (4) komprehensif (comprehensive); (5) keterbukaan (transparency); (6) keadilan (fairness); (7) dapat dibandingkan (comparability); (8) refleksi (reflection); dan (9) dampak terhadap pembelajaran mahasiswa (impact on learning). Mengingat bahwa penyelenggaraan sistem penilaian pendidikan klinik/profesi melibatkan banyak pasien, fasilitas kesehatan, sarana prasarana, sumber daya manusia (SDM), dan pembiayaan, maka diperlukan pendekatan komprehensif dalam perancangannya. Untuk memenuhi prinsip perancangan dan penerapan sistem penilaian belajar mahasiswa, kami telah mengembangkan pendekatan komprehensif dalam merancang penilaian berbasis kompetensi WE PASS with A, termasuk untuk merancang sistem penilaian di pendidikan klinik/profesi.

WE PASS with A adalah pendekatan yang terdiri dari 6 langkah utama dalam merancang sistem penilaian, yaitu WE PASS: WritingEditingPreparationAssessment process, Standard Setting, dan Specific Feedback, ditambah dengan satu langkah penyempurnaan AAssessing assessment. Pelatihan ini ditujukan untuk menjelaskan dan mempraktekan langkah demi langkah penerapan WE PASS with A sebagai pendekatan yang praktis dan mudah dilakukan di lapangan dalam merancang sistem penilaian pendidikan klinik/profesi. Dengan menguasai pendekatan ini, diharapkan setiap peserta dapat meningkatkan kualitas sistem penilaian di pendidikan klinik/profesi.

Tujuan:

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta pelatihan mampu untuk:

  1. Menulis cetak biru (blueprint) rancangan sistem penilaian pendidikan klinik/profesi.
  2. Menelaah (edit) cetak biru dan instrumen sistem penilaian pendidikan klinik/profesi.
  3. Mempersiapkan pelaksanaan sistem penilaian pendidikan klinik/profesi..
  4. Melaksanakan proses penilaian dengan metode sistem penilaian pendidikan klinik/profesi..
  5. Memilih cara menetapkan kelulusan mahasiswa dalam sistem penilaian pendidikan klinik/profesi.
  6. Memberikan umpan balik (feedback) khusus kepada mahasiswa dan stakeholder terkait hasil penilaian pada pendidikan klinik/profesi..
  7. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan sistem penilaian pendidikan klinik/profesi di institusinya masing-masing.

Peserta:

Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan spesialis di institusi pendidikan dokter dan dokter gigi.

Agenda

Hari 1, 5 September 2016

Waktu Materi

08.00 – 08.30 Registrasi

08.30 – 09.00 Overview Pelatihan

09.00 – 09.45 WEWriting and Editing dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi

09.45 – 10.00 Coffee Break

10.00 – 12.00 Praktek penerapan WE dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 13.45 PAPreparation and Assessment process dalam Sistem Penilaian Pendidikan

Klinik/Profesi

13.45 – 15.30 Praktek penerapan PA dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi

15.30 – 15.45 Coffee Break

Hari 2,6September 2016

08.30 – 09.30 SS: Standard setting and Specific feedback dalam Sistem Penilaian Pendidikan

Klinik/Profesi

09.30 – 10.00 Coffee Break

10.00 – 12.00 Praktek penerapan SS dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 13.30 A: Assessing Assessment dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi

13.30 – 15.15 Praktek penerapan with A dalam Sistem Penilaian Pendidikan Klinik/Profesi

15.15 – 15.30 Penutupan

15.30 – 15.45 Coffee Break

Waktu dan Tempat

Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 September 2016 di Departemen Pendidikan Kedokteran FK UGM, Gedung Radiopoetro Lantai 6 Sekip, Yogyakarta.

Pengarah Pelatihan:

  1. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Pembicara:

  1. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  2. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Biaya

Biaya kepesertaan Rp. 2.000.000,- (Dua juta rupiah). Pendaftaran paling lambat tanggal 4 September 2016 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal (30 peserta). Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita.

Penyelenggara

Departemen Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id

Catatan: Wajib membawa laptop