Latar Belakang:

Proses pembimbingan dalam pendidikan klinik, sudah diketahui berperan penting dalam menunjang pencapaian kompetensi peserta didik dalam pendidikan dokter, pendidikan dokter spesialis maupun pendidikan profesi kesehatan lainnya. Peserta didik dapat tidak mencapai kompetensi karena proses pembimbingan yang tidak tepat. Selama ini, meskipun peran pembimbing klinik diakui sangat penting, namun kemampuan pembimbing dalam memberikan bimbingan yang mendidik jarang diperhatikan. Seringkali kita berharap atau berasumsi bahwa para dosen klinik sudah sepatutnya mampu memberikan bimbingan klinik yang baik. Anekdot dan cerita sarkastik sering muncul dari hubungan pembimbing dan peserta bimbingan di lingkup pendidikan klinik dokter dan profesi kesehatan lain.

Ada banyak metode pembimbingan dalam pendidikan klinik yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam pembimbingan klinik harus dapat memfasilitasi penerapan prinsip pendidikan klinik, yakni; berpusat pada peserta didik (student centered), berdasarkankompetensi(competence based), berdasarkan pada pelayanan (service based), terjamin mutunya (quality assured), sesuai dengan kebutuhan individu peserta didik (flexible for individual need), didampingi (coached), dan terstruktur (structured). Metode yang digunakan juga harus dapat menempatkan dan menjadikan pembimbing klinik sebagai teladan (role model) bagi peserta didik dalam memberikan pelayanan kesehatan yang professional terhadap pasien. Pemilihan metode pembimbingan yang tepat menjadi komponen penting dalam menciptakan pendidikan klinik yang baik.

Beranjak dari kebutuhan tersebut, workshop ini memberikan kesempatan untuk mengenalkan beberapa metode pembimbingan dalam pendidikan klinik yang tepat, praktis dan mudah dilakukan di lapangan. Dengan menguasai teknik pembimbingan klinik ini, diharapkan kualitas bimbingan menjadi meningkat dan hasil pendidikan klinik menjadi lebih baik.

Tujuan:

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta pelatihan mampu untuk:

  1. Menerapkan prinsip-prinsip pendidikan klinik dan menjadi role model yang baik dalam proses pembimbingan.
  2. Melakukan beberapa metode pembimbingan dalam pendidikan klinik, yaitu: Bedside Teachingone minute preceptor, SNAPP modelfeedback dan reflection.
  3. Memilih metode pembimbingan dalam pendidikan klinik yang tepat sesuai dengan kebutuhan di institusi pendidikannya

Peserta:

Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan spesialis di institusi pendidikan dokter dan profesi kesehatan.

Metode:

Kuliah Interaktif, Diskusi dan Praktek.

Acara:

Hari 1, 25 Juli 2016

Waktu Acara Pembicara

08.00 – 08.30 Registrasi

08.30 – 09.00 Pembukaan dan Overview pelatihan dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

09.00 – 09.45 Prinsip Pendidikan Klinik dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

09.45 – 10.00 Coffee Break

10.00 – 10.30 Critical incident dalam BST dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

10.30 – 12.00 Feedback dalam pendidikan klinik: dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Teori dan Praktek

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 14.30 Bedside teaching (BST): Teori dan Praktek dr. Ova Emilia, MMedEd, SpOG(K), PhD

14.30 – 15.45 Refleksi dalam pendidikan klinik: dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd,PhD

Teori dan Praktek

15.45 – 16.00 Coffee Break

Hari 2, 26 Juli 2016

Waktu Acara Pembicara

08.30 – 10.00 One minute preceptor: Teori dan Praktek dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD

10.00 – 10.15 Coffee Break

10.15 – 12.00 SNAPP Model: Teori dan Praktek dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 14.00 Role Model dalam pendidikan klinik dr. Ova Emilia, MMedEd, SpOG(K), PhD

14.00 – 14.30 Review Pelatihan dan Penutupan dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

14.30 – 15.00 Coffee Break

Pengarah Pelatihan:dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Pembicara:

  1. Ova Emilia, MMedEd, SpOG (K), PhD
  2. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  3. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

25-26 Juli 2016

Ruang Studio, Gedung Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Departmen Pendidikan Kedokteran (DPK) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Fasilitas

Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat.

Biaya

Biaya kepesertaan Rp. 2.000.000,- (Dua juta rupiah) dan dapat dibayarkan secara ON SITE

Pendaftaran paling lambat tanggal 24Juli 2016 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal (30 peserta). Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita.

Penyelenggara

Departemen Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id

Latar Belakang:

Proses pembimbingan dalam pendidikan klinik, sudah diketahui berperan penting dalam menunjang pencapaian kompetensi peserta didik dalam pendidikan dokter, pendidikan dokter spesialis maupun pendidikan profesi kesehatan lainnya. Peserta didik dapat tidak mencapai kompetensi karena proses pembimbingan yang tidak tepat. Selama ini, meskipun peran pembimbing klinik diakui sangat penting, namun kemampuan pembimbing dalam memberikan bimbingan yang mendidik jarang diperhatikan. Seringkali kita berharap atau berasumsi bahwa para dosen klinik sudah sepatutnya mampu memberikan bimbingan klinik yang baik. Anekdot dan cerita sarkastik sering muncul dari hubungan pembimbing dan peserta bimbingan di lingkup pendidikan klinik dokter dan profesi kesehatan lain.

Ada banyak metode pembimbingan dalam pendidikan klinik yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam pembimbingan klinik harus dapat memfasilitasi penerapan prinsip pendidikan klinik, yakni; berpusat pada peserta didik (student centered), berdasarkankompetensi(competence based), berdasarkan pada pelayanan (service based), terjamin mutunya (quality assured), sesuai dengan kebutuhan individu peserta didik (flexible for individual need), didampingi (coached), dan terstruktur (structured). Metode yang digunakan juga harus dapat menempatkan dan menjadikan pembimbing klinik sebagai teladan (role model) bagi peserta didik dalam memberikan pelayanan kesehatan yang professional terhadap pasien. Pemilihan metode pembimbingan yang tepat menjadi komponen penting dalam menciptakan pendidikan klinik yang baik.

Beranjak dari kebutuhan tersebut, workshop ini memberikan kesempatan untuk mengenalkan beberapa metode pembimbingan dalam pendidikan klinik yang tepat, praktis dan mudah dilakukan di lapangan. Dengan menguasai teknik pembimbingan klinik ini, diharapkan kualitas bimbingan menjadi meningkat dan hasil pendidikan klinik menjadi lebih baik.

 

Tujuan:

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta pelatihan mampu untuk:

  1. Menerapkan prinsip-prinsip pendidikan klinik dan menjadi role model yang baik dalam proses pembimbingan.
  2. Melakukan beberapa metode pembimbingan dalam pendidikan klinik, yaitu: Bedside Teachingone minute preceptor, SNAPP modelfeedback dan reflection.
  3. Memilih metode pembimbingan dalam pendidikan klinik yang tepat sesuai dengan kebutuhan di institusi pendidikannya

Peserta:

Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan spesialis di institusi pendidikan dokter dan profesi kesehatan.

 

Metode:

Kuliah Interaktif, Diskusi dan Praktek.

 

Acara:

Hari 1, 25 Juli 2016

Waktu Acara Pembicara

08.00 – 08.30 Registrasi

08.30 – 09.00 Pembukaan dan Overview pelatihan dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

09.00 – 09.45 Prinsip Pendidikan Klinik dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

09.45 – 10.00 Coffee Break

10.00 – 10.30 Critical incident dalam BST dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

10.30 – 12.00 Feedback dalam pendidikan klinik: dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Teori dan Praktek

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 14.30 Bedside teaching (BST): Teori dan Praktek dr. Ova Emilia, MMedEd, SpOG(K), PhD

14.30 – 15.45 Refleksi dalam pendidikan klinik: dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd,PhD

Teori dan Praktek

15.45 – 16.00 Coffee Break

 

Hari 2, 26 Juli 2016

Waktu Acara Pembicara

08.30 – 10.00 One minute preceptor: Teori dan Praktek dr. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD

10.00 – 10.15 Coffee Break

10.15 – 12.00 SNAPP Model: Teori dan Praktek dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

12.00 – 13.00 ISHOMA

13.00 – 14.00 Role Model dalam pendidikan klinik dr. Ova Emilia, MMedEd, SpOG(K), PhD

14.00 – 14.30 Review Pelatihan dan Penutupan dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

14.30 – 15.00 Coffee Break

 

Pengarah Pelatihan:dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Pembicara:

  1. Ova Emilia, MMedEd, SpOG (K), PhD
  2. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  3. Yoyo Suhoyo, MMedEd

 

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

25-26 Juli 2016

Ruang Studio, Gedung Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Departmen Pendidikan Kedokteran (DPK) Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

 

Fasilitas

Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat.

 

Biaya

Biaya kepesertaan Rp. 2.000.000,- (Dua juta rupiah) dan dapat dibayarkan secara ON SITE

Pendaftaran paling lambat tanggal 24Juli 2016 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal (30 peserta). Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita.

 

Penyelenggara

Departemen Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

 

Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Departemen Pendidikan Kedokteran (DPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id