Latar Belakang
Pendidikan profesi kesehatan, baik pada tingkat Diploma I-III, Sarjana, Profesi maupun Spesialis perlu diselenggarakan secara bertanggungjawab sesuai dengan kaidah-kaidah yang berkembang di dalam ilmu pendidikan profesi kesehatan. Di dalam program pendidikan profesi kesehatan ataupun pelatihan-pelatihan, kurikulum merupakan aspek yang sangat penting. Komponen terkecil dari suatu kurikulum pada pendidikan profesi kesehatan adalah unit atau modul atau blok. Setiap unit/modul/blok terdiri dari rangkaian sesi (peristiwa) pembelajaran yang di dalam bahasa Inggris disebut ‘events of instruction’. Suatu event of instruction dapat berupa 2 jam kuliah interaktif, dua jam diskusi kelompok, tiga jam praktikum, lima jam praktik lapangan, atau 4 jam di poliklinik, dst.
Proses pendidikan akan berjalan optimal dan kompetensi tercapai apabila setiap event of instruction dirancang secara cermat. Pendidik atau dosen atau pelatih perlu memiliki kemampuan untuk merancang disain instruksional untuk setiap event of instruction.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu:
- Menjelaskan proses belajar berdasarkan teori-teori belajar konstruktivisme
- Menjelaskan pengertian dan asumsi dasar disain instruksional
- Merumuskan tujuan instruksional berdasarkan domain learning yang sesuai
- Menerapkan analisis tujuan instruksional (learning tasks)
- Merancang disain instruksional di tingkat unit/modul/blok
- Merancang disain instruksional di tingkat lesson
- Merancang metode penilaian hasil belajar untuk menilai pencapaian tujuan instruksional
Peserta
Adalah dosen, staf akademik, pendidik pada berbagai institusi pendidikan profesi kesehatan
Metode Pelatihan
- Kuliah interaktif
- Praktik
- Diskusi
- Refleksi
Agenda
Hari 1, Jumat 27 Februari 2015
Waktu Materi
07.30 – 08.00 Registrasi
08.00 – 08.30 Pembuka dan Ice breaker
08.30 – 09.30 Observasi dan Diskusi Kasus “ Kegiatan Satu Minggu Mahasiswa pada Tahap
09.30 – 10.30 Langkah-langkah Pengembangan Modul pada Kurikulum Berbasis Kompetensi
10.30 – 10.45 Coffee break
10.45 – 12.30 Learning Hierarchy Analysis dan instructional sequences
12.30 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 15.00 Teori belajar konstruktivisme dan Taksonomi Pembelajaran
15.00 – 15.30 Coffee break
15.30 -17.30 Prinsip-prinsip Student Assignment dan Taksonomi Pembelajaran
17.30 Penutup
Hari 2, Sabtu, 28 Februari 2015
Waktu Materi
07.30 – 08.00 Registrasi
08.00 – 08.15 Pembuka dan Ice Breaker
08.15 – 10.15 Prinsip pemilihan media ajar dan Taksonomi Pembelajaran
10.15 – 10.30 Coffee break
10.30 – 12.30 Praktik Merancang Disain Instruksional di tingkat Modul
12.30 – 13.00 ISHOMA
13.00 – 15.00 Presentasi Rancangan Modul
15.00 – 15.30 Coffee break
15.30 – 17.00 Take Home Message
Fasilitas:
Kit pelatihan ( bahan, CD materi, lunch box, coffee break (2x), dan sertifikat).
Waktu dan Tempat Penyelenggaraan:
27-28 Februari 2015
Ruang studio
Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)
Fakultas Kedokteran Universitas Gajdah Mada Gedung
Prof. Radiopoetro Lt. 6 Sayap Barat
Jl. Farmako, Sekip Utara, yogyakarta 55281.
Pengarah Pelatihan
- Titi Savitri Prihatiningsih, MA, MMedEd, Ph.D
Pembicara
- Titi Savitri Prihatiningsih, MA, MMedEd, Ph.D
- Widyandana, MHPE, Ph.D
- Savitri Shitarukmi, M.Sc
Biaya
Biaya kepesertaan Rp. 2.000.000,- (Dua juta rupiah). Pendaftaran paling lambat tanggal 26 Februari 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.
Penyelenggara
Bagian Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta
Informasi dan Pendaftaran
Ratih/ Rani
Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat
Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000
Email: medicaleducation@ugm.ac.id