Latar Belakang:

Penilaian hasil pembelajaran mahasiswa ditujukan untuk mengetahui perkembangan dan tingkat pencapaian mahasiswa dalam suatu proses pendidikan. Penilaian hasil belajar diperoleh melalui berbagai metode penilaian. Hasil penilaian umumnya diwujudkan dalam bentuk angka atau skor, yang didasarkan pada pencapaian mahasiswa pada metode penilaian yang digunakan. Berdasarkan nilai tersebut, pengajar atau penyelenggara proses pendidikan akan mengambil suatu keputusan terkait pencapaian mahasiswa, yaitu telah mencapai tujuan pendidikan (lulus) atau belum mencapai tujuan pendidikan (tidak lulus), baik dalam bentuk LULUS dan TIDAK LULUS secara langsung, atau dalam bentuk kategori nilai, seperti A, B, C, D dan E. Proses pengambilan keputusan tersebut memerlukan suatu standar penilaian tertentu, yang dapat ditetapkan dengan menggunakan berbagai pola pendekatan.

Terdapat dua pola pendekatan umum dalam menetapkan standar penilaian hasil pembelajaran mahasiswa yaitu Penilaian Acuan Norma (PAN) atau Norm-referenced test (NRT) dan Penilaian Acuan Patokan (PAP) atau Criterion-referenced test (CRT). Setiap pengajar atau penyelenggara proses pendidikan perlu mengetahui prinsip-prinsip dasar PAN dan PAP, perbedaan, kelebihan serta kekurangan keduanya, agar dapat membuat keputusan yang benar terhadap mahasiswa terkait pencapaian mereka dalam proses pendidikan yang dilakukan. Berbagai hal tersebut akan dipelajari dalam pelatihan ini.

Tujuan:

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar setiap peserta pelatihan mampu untuk:

  1. Mengetahui jenis-jenis metode standard setting dalam pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan
  2. Menentukan metode standar setting yang paling tepat untuk digunakan dalam sistem penilaian di institusinya masing-masing.
  3. Mempraktekan langkah-langkah pelaksanaan setiap metode standard setting

Peserta:

Pengajar/dosen, dosen klinik dan pengelola program pendidikan profesi dan  spesialis di institusi pendidikan dokter dan profesi kesehatan.

Waktu dan Tempat

Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 3 – 5 Juni 2015.

Ruang Studio, Gedung Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Acara:

Hari 1, Rabu 3 Juni 2015

Waktu                        Acara                                       

08.00 – 08.30    Registrasi

08.30 – 09.00    Pembukaan dan   Overview Pelatihan

09.00 – 09.45    Prinsip-prinsip Dasar Standard Setting

09.45 – 10.00    Coffee Break

10.00 – 10.30     Acuan Norma (Norm Reference)

10.30 – 12.00     Praktek Acuan Norma (Norm Reference)

12.00 – 13.00     ISHOMA

13.00 – 13.30    Metode Nedelsky

13.30 – 15.00    Praktek Metode Nedelsky

15.00 – 15.15     Coffee Break

15.15 – 15.45     Metode Angoff

Hari 2, Kamis 4 Juni 2015   Waktu                     Acara

  Waktu                        Acara

08.30 – 10.00     Praktek Metode Angoff

10.00 – 10.15     Coffee Break

10.15 – 10.45     Metode Ebel

10.45 – 12.00     Praktek Metode Ebel

12.00 – 13.00     ISHOMA

13.00 – 13.30     Metode Hofstee

13.30 – 15.00     Praktek Metode Hofstee

15.00 – 15.15     Coffee Break

15.15 – 15.45     Metode Cohen Method dalam Standard Setting

Hari 3, Jumat 5 Juni 2015

Waktu                        Acara

08.30 – 09.00     Borderline Group Method (BGM)

dan Borderline Regression Method (BRM)

09.00 – 09.30     Praktek Borderline Group Method (BGM)

09.30 – 10.30     Praktek Borderline Regression Method (BRM)

10.30– 10.45      Coffee Break

10.45 – 11.15     Metode Contrasting groups

11.15 – 13.00     ISHOMA

13.00 – 14.00     Praktek Contrasting groups

14.00 – 14.30      Memilih dan Mengevaluasi Metode Standard Setting

14.30 – 15.00     Review dan Penutupan Pelatihan

15.00 – 15.15     Coffee Break

Pengarah Pelatihan:

  1. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  2. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Pembicara:

  1. Gandes Retno Rahayu, MMedEd, PhD
  2. Yoyo Suhoyo, MMedEd

Catatan:

  1. Setiap peserta dimohon mambawa laptop untuk digunakan selama pelatihan
  2. Untuk bahan praktek hari pertama dan kedua, setiap peserta sebaiknya membawa file contoh soal    pilihan ganda sesuai bidangnya masing-masing.

Fasilitas

Kit pelatihan yang berisi bahan pelatihan, CD materi, lunch box, rehat 2x, dan sertifikat.

Biaya

Biaya kepesertaan  Rp.   2.500.000,- (Dua juta lima ratus rupiah).

Biaya pendaftaran dapat ditransfer melalui:

BNI Cabang UGM

Taplus No. 9888807014110326

Atas nama: UGM FK KAF Penerimaan Pelatihan Bagian Pendidikan Kedokteran

Foto copy bukti transfer mohon diserahkan ke panitia

Pendaftaran paling lambat tanggal 2 Juni 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.

Penyelenggara

Bagian Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

  Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ RaniBagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id