Latar Belakang

Mahasiswa keperawatan harus mencapai kompetensinya sebagai perawat setelah lulus dari fakultas/ Prodi Ilmu keperawatan. Hal ini berlaku secara internasional maupun nasional, sesuai dengan Standar Kompetensi Perawat Indonesia. Domain komponen kompetensi tersebut terdiri dari knowledge, skills dan attitude.

Komponen skills atau keterampilan medis dinilai sangat penting, karena seorang perawat tidak mungkin dapat bertindak secara professional jika tanpa didukung keterampilan medis yang cukup. Ketrampilan medis tersebut harus diberikan sejak awal pendidikan Keperawatan, sehingga mahasiswa dapat mencapai kompetensinya tepat waktu.

Pendidikan keterampilan medis secara umum diajarkan pertama kali di Laboratorium Keterampilan Medis (Skills Lab), sehingga mahasiswa dapat berlatih dengan tanpa membahayakan semua pihak, termasuk pasien, mahasiswa maupun pembimbingnya. Institusi pendidikan keperawatan sudah saatnya memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan mutu pendidikan keterampilan medis, karena Skills Lab diakui sebagai tulang punggung pendidikan keperawatan. Perlu direncanakan dengan matang mengenai kurrikulum, bahan ajar, maupun tenaga pengajar yang baik untuk membimbing mahasiswa keperawatan mencapai kompetensinya

Proses Pendidikan Perawat pada prinsip dasarnya adalah proses magang, pada titik ini Instruktur menempati tempat yang strategis karena sebagai Role model, sehingga untuk mengingkatkan kualitas Instruktur  diperlukan pelatihan pelatihan yang terstruktur.

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan:

  1. Mampu memahami konsep dasar pelatihan pemberian umpan balik oleh instruktur pada mahasiswa
  2. Mampu membuat rancangan pembelajaran kurikulum keterampilan medik secara umum

Metode

  1. Penyegaran Instruktur ketrampilan Medik menggunakan metode kuliah, diskusi dan praktek.
  2. Pendampingan (TA) diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan

Peserta yang diharapkan

  1. Tenaga Pendidik Sekolah Keperawatan
  2. Tenaga Pendidik di Rumah Sakit Pendidikan khususnya yang menangani Keperawatan

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

Hari Selasa- Rabu, Tanggal 1-2 Desember 2015 pukul  08.00-16.00 WIB di Skills Lab Fakultas Kedokteran UGM

Fasilitas

Makalah, kit pelatihan,  snack pagi, makan siang, sertifikat

Agenda

Hari 1, Selasa 1 Desember 2015

Waktu          Materi

08.00-09.00 Overview pelatihan& Need Assessment

09.00-10.15 Kurikulum Keterampilan Medik dalam pembelajaran berbasis Kompetensi

10.15-10.30 Break Pagi

10.30-11.30 Rancangan Kurikulum Mikro Skills Training dalam KBK (Pembuatan Modul)- untuk S1 Ners

11.30-12.00 Rancangan Kurikulum Skills Training dalam KBK (Pembuatan Modul)- untuk D3 Keperawatan

12.00-13.00 ISHOMA

13.00-14.45 Sumber Belajar :Skenario Kasus, Standar Alat dan Manekin, Pasien Simulasi

Hari 2, Rabu 2 Desember 2015  

Waktu          Materi

08.00-10.00 Video Critical Incident dalam Pembimbingan Klinik

10.00-11.00 Break Pagi

11.00-12.00 Teknik pemberian umpan balik bagi instruktur Role play dan Diskusi

12.00-13.00 ISHOMA

13.00-14.45 Penilaian Kompetensi Ketrampilan Klinik Keperawatan

14.45-16.00 Summary dan Planning Selanjutnya

Narasumber

  1. dr. Mora Claramita, MHPE, PhD
  2. dr. Savitri Shitarukmi, MSc
  3. Dr. Fitri Haryanti, S.Kp, M.Kes
  4. Totok Harjanto, S.Kep. Ners, M.Kes
  5. Edy Wuryanto, SKP., M.Kep
  6. Sri Setiyarini, SKp, M.Kes
  7. Rodianson Tuah, S. Kep, MMedEd

Biaya

Biaya kepesertaan  Rp.   2.000.000,- (Dua juta rupiah), Pendaftaran paling lambat tanggal 30 November 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.
Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id