Latar Belakang
Mahasiswa Kebidanan harus mencapai kompetensinya sebagai bidan setelah lulus dari fakultas kebidanan. Hal ini berlaku secara internasional maupun nasional, sesuai dengan Standar Kompetensi Bidan Indonesia. Domain komponen kompetensi tersebut terdiri dari knowledge, skills dan attitude.
Komponen skills atau keterampilan medis dinilai sangat penting, karena seorang bidan tidak mungkin dapat bertindak secara professional jika tanpa didukung keterampilan medis yang cukup. Ketrampilan medis tersebut harus diberikan sejak awal pendidikan Kebidanan, sehingga mahasiswa dapat mencapai kompetensinya tepat waktu.
Pendidikan keterampilan medis secara umum diajarkan pertama kali di Laboratorium Keterampilan Medis (Skills Lab), sehingga mahasiswa dapat berlatih dengan tanpa membahayakan semua pihak, termasuk pasien, mahasiswa maupun pembimbingnya. Institusi pendidikan kebidanan sudah saatnya memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan mutu pendidikan keterampilan medis sebagai tulang punggung pendidikan kebidanan. Perlu direncanakan dengan matang mengenai kurrikulum, bahan ajar, maupun tenaga pengajar yang baik untuk membimbing mahasiswa kebidanan mencapai kompetensinya
Proses Pendidikan Bidan pada prinsip dasarnya adalah proses magang, pada titik ini pembimbing klinik menempati tempat yang strategis karena sebagai telada/ Role model, sehingga untuk mengingkatkan kualitas pembimbing klinik diperlukan Pelatihan Instruktur Keterampilan Klinik.
Tujuan
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan:
- Mampu memahami konsep dasar pelatihan pemberian umpan balik oleh instruktur/ pembimbing klinik pada mahasiswa
- Mampu membuat rancangan pembelajaran kurikulum keterampilan medik secara umum
Metode
- Penyegaran Instruktur ketrampilan Medik menggunakan metode kuliah, diskusi dan praktek.
- Pendampingan (TA) diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan
Peserta yang diharapkan
- Tenaga Pendidik Sekolah Kebidanan
- Tenaga Pendidik di Rumah Sakit Pendidikan khususnya yang menangani Kebidanan
Waktu dan Tempat Penyelenggaraan
Hari Senin-Selasa, Tanggal 7-8 Desember 2015 pukul 08.00-16.00 WIB, di Skills Lab Fakultas Kedokteran UGM
Agenda
Hari I, Senin 7 Desember 2015
Waktu Materi
08.00-09.00 Overview pelatihan& Need Assessment
09.00-10.15 Model Pembelajaran Klinik Kebidanan Berbasis Continuity of Care
10.15-10.30 Break Pagi
10.30-11.30 Praktek rancangan Modul Pembelajaran Klinik dalam Pendidikan
Kebidanan Berbasis Kompetensi
11.30-12.00 Diskusi Kelompok
12.00-13.00 ISHOMA
13.00-14.45 Sumber Belajar : Manekin
Hari 2, Selasa 8 Desember 2015
Waktu Materi
08.00-10.00 Video Critical Incident dalam pembimbingan Klinik
10.00-11.00 Teknik pemberian umpan balik bagi instruktur (Video)
11.00-12.00 Role play dan Diskusi
12.00-13.00 ISHOMA
13.00-14.45 Penilaian Kompetensi Ketrampilan Klinik Kebidanan
14.45-16.00 Summary dan Planning Selanjutnya
Fasilitas
Makalah, kit pelatihan, snack pagi, makan siang, sertifikat
Narasumber
Pemateri :
- dr. Ova Emilia, MMedEd, Sp.OG (K), Ph.D
- dr. Mora Claramita, MHPE, PhD
- Esti Nugraheny, SST, M.Kes
- dr. Savitri Shitarukmi, MSc
- dr. Hikmawati Nurokhmanti, MSc
- JM. Metha, S.Kep, MMedEd
Biaya
Biaya kepesertaan Rp. 2.000.000,- (Dua juta rupiah). Pendaftaran paling lambat tanggal 5 Desember 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.
Penyelenggara
Bagian Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta
Informasi dan Pendaftaran
Ratih/ Rani
Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)
Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada
Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat
Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000
Email: medicaleducation@ugm.ac.id