Latar Belakang

Mahasiswa Kebidanan harus mencapai kompetensinya sebagai bidan setelah lulus dari fakultas kebidanan. Hal ini berlaku secara internasional maupun nasional, sesuai dengan Standar Kompetensi Bidan Indonesia. Domain komponen kompetensi tersebut terdiri dari knowledge, skills dan attitude.

Komponen skills atau keterampilan medis dinilai sangat penting, karena seorang bidan tidak mungkin dapat bertindak secara professional jika tanpa didukung keterampilan medis yang cukup. Ketrampilan medis tersebut harus diberikan sejak awal pendidikan Kebidanan, sehingga mahasiswa dapat mencapai kompetensinya tepat waktu.

Pendidikan keterampilan medis secara umum diajarkan pertama kali di Laboratorium Keterampilan Medis (Skills Lab), sehingga mahasiswa dapat berlatih dengan tanpa membahayakan semua pihak, termasuk pasien, mahasiswa maupun pembimbingnya. Institusi pendidikan kebidanan sudah saatnya memberikan perhatian khusus untuk meningkatkan mutu pendidikan keterampilan medis sebagai tulang punggung pendidikan kebidanan. Perlu direncanakan dengan matang mengenai kurrikulum, bahan ajar, maupun tenaga pengajar yang baik untuk membimbing mahasiswa kebidanan mencapai kompetensinya

Proses Pendidikan Bidan pada prinsip dasarnya adalah proses magang, pada titik ini pembimbing klinik menempati tempat yang strategis karena sebagai telada/ Role model, sehingga untuk mengingkatkan kualitas pembimbing klinik diperlukan Pelatihan Instruktur Keterampilan Klinik.

Tujuan

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan:

  1. Mampu memahami konsep dasar pelatihan pemberian umpan balik oleh instruktur/ pembimbing klinik pada mahasiswa
  2. Mampu membuat rancangan pembelajaran kurikulum keterampilan medik secara umum

Metode

  1. Penyegaran Instruktur ketrampilan Medik menggunakan metode kuliah, diskusi dan praktek.
  2. Pendampingan (TA) diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan

Peserta yang diharapkan

  1. Tenaga Pendidik Sekolah Kebidanan
  2. Tenaga Pendidik di Rumah Sakit Pendidikan khususnya yang menangani Kebidanan

Waktu dan Tempat Penyelenggaraan

Hari Senin-Selasa, Tanggal 7-8 Desember 2015 pukul  08.00-16.00 WIB, di Skills Lab Fakultas Kedokteran UGM

Agenda 

Hari I, Senin 7 Desember  2015

Waktu         Materi

08.00-09.00 Overview pelatihan& Need Assessment

09.00-10.15 Model Pembelajaran Klinik Kebidanan  Berbasis Continuity of Care

10.15-10.30 Break Pagi

10.30-11.30 Praktek rancangan Modul Pembelajaran Klinik dalam Pendidikan

Kebidanan Berbasis Kompetensi

11.30-12.00 Diskusi Kelompok

12.00-13.00 ISHOMA

13.00-14.45 Sumber Belajar : Manekin

 Hari 2, Selasa 8 Desember 2015

Waktu       Materi

08.00-10.00 Video Critical Incident dalam pembimbingan Klinik

10.00-11.00 Teknik pemberian umpan balik bagi instruktur (Video)

11.00-12.00 Role play dan Diskusi

12.00-13.00 ISHOMA

13.00-14.45 Penilaian Kompetensi Ketrampilan Klinik Kebidanan

14.45-16.00 Summary dan Planning Selanjutnya

Fasilitas

Makalah, kit pelatihan,  snack pagi, makan siang, sertifikat

Narasumber

Pemateri :

  1. dr. Ova Emilia, MMedEd, Sp.OG (K), Ph.D
  2. dr. Mora Claramita, MHPE, PhD
  3. Esti Nugraheny, SST, M.Kes
  4. dr. Savitri Shitarukmi, MSc
  5. dr. Hikmawati Nurokhmanti, MSc
  6. JM. Metha, S.Kep, MMedEd

Biaya

Biaya kepesertaan  Rp.   2.000.000,- (Dua juta rupiah). Pendaftaran paling lambat tanggal 5 Desember 2015 dan atau ditutup apabila peserta sudah mencapai jumlah maksimal. Dimohon untuk konfirmasi terlebih dahulu kepada panita sebelum melakukan pembayaran.

Penyelenggara

Bagian Pendidikan Kedokteran – Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Jogjakarta

Informasi dan Pendaftaran

Ratih/ Rani

Bagian Pendidikan Kedokteran (BPK)

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lt. 6, Sayap Barat

Jl. Farmako, Sekip Utara Yogyakarta 55281

Telp. (0274) 562139, 902511,Fax. (0274) 561196, SMS: 081 2270 29000

Email: medicaleducation@ugm.ac.id