Author : Widyandana | Published : 01 March 2014
Jurnal Pendidikan Kedokteran Inodnesia. 2014. Vol 3(1). 1-8.
http://jurnal.aipki.net/images/Data/vol_3no_1maret2014/02-WIDYANDANA%20%2801-08%29.pdf
Abstract
Latar Belakang: Pembelajaran keterampilan clinical reasoning dan refleksi di skills lab masih sering dilupakan, maka Skills Lab FK UGM berinisiatif untuk memberikan keterampilan tersebut bagi mahasiswa S1 kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penugasan clinical reasoning dan refleksi mahasiswa, serta mengetahui cara memperbaikinya.
Metode: Penelitian eksperimental dengan pilot program memberikan penugasan membuat essay penyakit berdasar SKDI tingkat kompetensi 4 yang dikerjakan dalam format rekam medis dan lembar refleksi. Penelitian melibatkan seluruh mahasiswa kedokteran tahun ke-4 FK UGM (n=186) dan instruktur skills lab sebagai penilai (n=5). Penugasan dinilai menggunakan instrumen oleh Driessen (2008) dan dianalisis dengan uji Pearson Correlation untuk mengkorelasikan nilai penugasan dengan nilai OSCE dan IPK. Data kualitatif diperoleh dengan wawancara pada instruktur dan dianalisis menggunakan Inductive Content Analysis oleh 2 pengkode. Hasil: Tidak terdapat korelasi signifikan antara nilai penugasan dengan nilai OSCE dan IPK. Namun, terdapat korelasi signifikan (p<0,05) antara nilai refleksi dengan clinical reasoning, serta nilai OSCE dengan IPK. Penilai berpendapat bahwa penugasan ini sudah cukup baik untuk menstimulasi clinical reasoning dan refleksi mahasiswa meski masih terdapat kekurangan, antara lain kurang sesuainya format penugasan dengan daftar tilik penilaian, ketidakjelasan instruksi, dan tidak adanya contoh sehingga mahasiswa mengumpulkan dalam berbagai format.
Kesimpulan: Penugasan clinical reasoning dan refleksi berhasil dilaksanakan di Skills Lab FK UGM tetapi masih memerlukan perbaikan, antara lain ketidaksesuaian format penugasan dengan checklist penilaian, ketidakjelasan instruksi, dan tidak adanya contoh sehingga mahasiswa mengumpulkan dalam berbagai format.
Kata kunci: clinical reasoning, refleksi, OSCE, IPK